Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERAN KEPERCAYAAN DAN
LITERASI KEUANGAN TERHADAP
NIAT MENGGUNAKAN LAYANAN
SHOPEEPAYLATER DENGAN
PENDEKATAN EXTENDED THEO...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Peran Kepercayaan dan Literasi Keuangan terhadap Niat Menggunakan Layanan ShopeePayLater dengan Pendekatan Extended Theory of Planned Behavior Model

The Role of Trust and Financial Literacy in the Intention to Use ShopeePayLater Services with an Extended Theory of Planned Behavior Model Approach

Bernadette Florencia Irena - ; Anna Amalyah Agus (Pembimbing/Promotor) - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Penguji) - ; Triza Mudita (Penguji) - ;

Layanan Buy Now Pay Later (BNPL) merupakan inovasi fintech yang memungkinkan konsumen melakukan pembelian dengan pembayaran tertunda. Popularitasnya meningkat seiring pertumbuhan e-commerce dan kebutuhan pembayaran fleksibel, namun pemahaman terhadap faktor yang memengaruhi niat penggunaannya masih terbatas. Penelitian ini menganalisis pengaruh kepercayaan dan literasi keuangan terhadap niat menggunakan BNPL di Indonesia menggunakan pendekatan Extended Theory of Planned Behavior. Penelitian dilakukan secara kuantitatif terhadap 405 responden dan dianalisis menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM), termasuk Multigroup Analysis (MGA) berdasarkan gender dan tingkat literasi keuangan. Hasil menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan niat menggunakan BNPL, sementara literasi keuangan tidak berpengaruh langsung terhadap niat, namun memengaruhi sikap, kepercayaan, dan persepsi kontrol perilaku. Analisis multigroup menunjukkan bahwa subjective norm lebih berpengaruh terhadap niat pada perempuan, dan privacy concern lebih memengaruhi sikap pada individu dengan literasi keuangan rendah. Temuan ini menekankan pentingnya membangun kepercayaan dan meningkatkan literasi keuangan untuk mendorong penggunaan BNPL secara bijak. Implikasi praktis ditujukan bagi pelaku industri dan regulator dalam merancang strategi edukatif dan kebijakan perlindungan konsumen.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 258/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekIntention to use
Trust
Privacy Concern
TPB
Buy now pay later
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 98 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?