Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH DARI GREEN
MARKETING MIX, GREEN
CUSTOMER VALUE, ATTITUDE,
DAN SUBJECTIVE NORM TERHADAP
MINAT BELI PRODUK KOSMET...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh dari Green Marketing Mix, Green Customer Value, Attitude, dan Subjective Norm terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Lokal di Indonesia

The Influence of Green Marketing Mix, Green Customer Value, Attitude, and Subjective Norm on Purchase Intention of Local Cosmetic Products in Indonesia

Elsha Prastiwi - ; T. Ezni Balqiah (Pembimbing/Promotor) - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Penguji) - ; Rifelly Dewi Astuti (Penguji) - ;

Kesadaran lingkungan yang meningkat mendorong perusahaan kosmetik lokal untuk mengadopsi strategi pemasaran berkelanjutan (green marketing). Perubahan preferensi konsumen terhadap produk yang ramah lingkungan menuntut perusahaan untuk lebih inovatif dalam menciptakan nilai yang sejalan dengan prinsip keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing mix, green customer value, attitude, dan subjective norm terhadap green purchase intention. Selain itu, penelitian ini menguji peran mediasi green psychological benefit (terdiri dari warm glow, self- expressive, dan nature experience), serta peran moderasi dari word of mouth. Data dikumpulkan dari 392 responden yang berdomisili di wilayah Jabodetabek menggunakan kuesioner daring. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived value dan subjective norm berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention, sementara green marketing mix tidak berpengaruh secara langsung. Selain itu, self expressive terbukti sebagai mediator signifikan, dan word of mouth memoderasi hubungan antara beberapa variabel terhadap green purchase intention. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku industri kosmetik lokal dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan berkelanjutan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 263/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekWord of mouth
Green marketing
Subjective norm
Attitude
Green Purchase Intention
Green customer value
Green psychological benefit
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 192 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?