Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS GREEN PURCHASE
INTENTION PADA GEN-Z DAN
MILENIAL INDONESIA TERHADAP
PRODUK AQUA LIFE: PERAN
PRICE SENSITIVITY S...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Analisis Green Purchase Intention pada Gen-Z dan Milenial Indonesia terhadap Produk AQUA LIFE: Peran Price Sensitivity sebagai Moderasi

Green Purchase Intention Analysis of Indonesian Gen-Z and Millennials for AQUA LIFE: The Moderating Role of Price Sensitivity

Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ; Triza Mudita (Pembimbing/Promotor) - ; Edwardo Yeremia Saragi - ;

Krisis limbah plastik global semakin memburuk, dengan Indonesia sebagai salah satu kontributor utama akibat tingginya konsumsi dan lemahnya sistem pengelolaan sampah. AQUA LIFE, yang sepenuhnya terbuat dari plastik daur ulang, menawarkan pilihan berkelanjutan yang menyasar generasi Milenial dan Gen Z, yang menunjukkan potensi kuat dalam mengadopsi produk ramah lingkungan. Namun, masih terdapat kesenjangan antara sikap dan niat pembelian, yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut terhadap peran Nilai Persepsi Hijau, Pengetahuan, dan Sensitivitas Harga. Penelitian ini mengkaji pengaruh Nilai Persepsi Hijau (dengan lima dimensi), Pengetahuan Persepsional, Sikap, Norma Subjektif, Kepercayaan, dan Sensitivitas Harga terhadap Niat Pembelian Hijau, dengan Sensitivitas Harga sebagai variabel moderator. Berdasarkan data dari 504 responden yang dianalisis menggunakan PLS-SEM, Pengetahuan Persepsional terbukti berpengaruh signifikan terhadap Nilai Persepsi Hijau, Sikap, dan Kepercayaan. Semua dimensi Nilai Persepsi Hijau memberikan kontribusi kuat terhadap konstruknya. Sikap, Norma Subjektif, dan Kepercayaan berpengaruh positif terhadap Niat Pembelian Hijau, dengan Sikap dan Kepercayaan sebagai faktor dominan. Sensitivitas Harga menurunkan niat pembelian, memperlemah pengaruh Norma Subjektif, namun tidak mengubah hubungan antara Sikap dan Niat Pembelian.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 374/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekGreen Perceived Value
Price Sensitivity
Green product
Green Purchase Intention
perceived knowledge
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 121 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?