Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH SENTIMEN AI
TERHADAP RETURN SAHAM SEKTOR
PERBANKAN DI INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Sentimen AI terhadap Return Saham Sektor Perbankan di Indonesia

The Influence of AI Sentiment on Stock Returns in Indonesia's Banking Sector

Geryan Junanta - ; Rofikoh Rokhim (Pembimbing/Promotor) - ; Ruslan Prijadi (Penguji) - ; Permata Wulandari (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sentimen kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) terhadap return saham sektor perbankan di Indonesia. Sentimen AI diukur menggunakan Indeks AI (AI-SVI) yang dikembangkan dari data Google Trends berdasarkan lima kata kunci utama: Artificial Intelligence, Machine Learning, Deep Learning, Neural Network, dan Generative AI. Masing-masing kata kunci diberi bobot berdasarkan korelasi historis dengan return saham bank, sehingga indeks yang dibentuk mencerminkan perhatian pasar secara lebih representatif. Penelitian ini menggunakan metode regresi Ordinary Least Squares (OLS) dengan robust standard errors terhadap data harian periode Januari 2019 hingga Desember 2024. Sampel penelitian mencakup 10 bank yang diklasifikasikan ke dalam empat kategori: bank konvensional, bank digital konglomerasi, bank digital independen, dan bank fintech. IHSG dan volatilitas saham digunakan sebagai variabel kontrol. Hasil regresi menunjukkan bahwa AI-SVI hanya berpengaruh signifikan terhadap return saham pada kategori bank fintech, sementara pada tiga kategori lainnya (konvensional, digital konglomerasi, dan digital independen) tidak ditemukan pengaruh signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa ekspektasi investor terhadap AI hanya tercermin pada perusahaan yang secara eksplisit menjadikan teknologi sebagai bagian utama dari model bisnisnya. Temuan ini mendukung teori behavioral finance bahwa sentimen pasar dapat memengaruhi harga saham secara berbeda tergantung pada narasi dan persepsi publik.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 267/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBanking
Behavioral Finance
Stock Returns
Google trends
AI Sentiment
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 49 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?