Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PREDIKSI JANGKA PENDEK
ALIRAN LALU LINTAS DENGAN
SUPPORT VECTOR MACHINE UNTUK
MENGURANGI KEMACETAN DI RUAS
TOL DALAM KOT...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Prediksi Jangka Pendek Aliran Lalu Lintas dengan Support Vector Machine untuk Mengurangi Kemacetan di Ruas Tol dalam Kota Jakarta

Short-Term Prediction of Traffic Flow with Support Vector Machine to Reduce Congestion on Jakarta Inner-City Toll Roads

Athor Subroto (Pembimbing/Promotor) - ; Arviansyah (Penguji) - ; Jonathan Nahum Marpaung (Penguji) - ; Ginanjar Bekti Rakhmanto - ;

Kemacetan lalu lintas di ruas tol dalam kota Jakarta memerlukan suatu penanganan yang serius. Usulan yang ditawarkan berupa solusi prediksi jangka pendek yang akurat untuk mendukung sistem manajemen rekayasa lalu lintas. Penelitian ini menggunakan model Support Vector Machine (SVM) untuk memprediksi lalu lintas berdasarkan beberapa variabel yaitu kecepatan rata-rata, volume kendaraan, cuaca, dan waktu, dengan membandingkannya dengan model eksisting yaitu ARIMA. Data kemudian dilihat akurasinya menggunakan Mean Absolute Error (MAE), Mean Percentage Error (MPE), dan Root Mean Squared Error (RMSE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SVM 1 yang hanya menggunakan variabel input volume kendaraan memiliki tingkat akurasi prediksi yang lebih baik dengan nilai MAE= 79,13, MPE= 5,51%, dan RMSE= 99,90 dibandingkan model SVM 2 (yang menggunakan variabel kecepatan rata-rata, volume kendaraan, cuaca, dan waktu) dan model eksisting ARIMA. Hasil prediksi jangka pendek juga dapat diimplementasikan dalam sistem manajemen lalu lintas untuk mengurangi kemacetan di ruas tol dalam kota Jakarta. Penyelesaian permasalahan kemacetan dapat memberikan dampak positif bagi PT Jasa Marga, antara lain peningkatan kepuasan pengguna jalan tol dan peningkatan pendapatan tol melalui peningkatan volume kendaraan yang terus menerus mengalir tanpa ada hambatan kemacetan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 377/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekARIMA
Congestion
short term traffic prediction
traffic management Support Vector Machine
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 87 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?