Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH CSR AUTHENTICITY
TERHADAP BRAND LOYALTY
DENGAN MEDIASI BRAND
AUTHENTICITY DAN BRAND LOVE:
STUDI PADA KONSUMEN M...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh CSR Authenticity terhadap Brand Loyalty dengan Mediasi Brand Authenticity dan Brand Love: Studi pada Konsumen Milenial dan Gen-Z Coca Cola di Indonesia

The Influence of CSR Authenticity on Brand Loyalty with the Mediation of Brand Authenticity and Brand Love: A Study on Millennial and Gen-Z Consumers of Coca-Cola in Indonesia

Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ; Triza Mudita (Pembimbing/Promotor) - ; Anggelina Purnama - ;

Meskipun Corporate Social Responsibility (CSR) telah diadopsi secara luas, konsumen tetap curiga dan skeptis terhadap motif sebenarnya dari perusahaan, sehingga penting untuk memahami bagaimana CSR yang autentik mempengaruhi loyalitas merek (brand loyalty) (brand trust, positive word-of-mouth, dan repurchase intention) melalui underlying mechanism dari brand authenticity (faktor eksternal) dan brand love (kecintaan merek) (faktor internal), terutama di kalangan generasi muda. Penelitian ini menguji bagaimana CSR authenticity mempengaruhi brand loyalty di kalangan konsumen Milenial dan Generasi (Gen) Z Coca-Cola Indonesia, dengan mempertimbangkan brand authenticity dan brand love sebagai mediator serta brand image sebagai moderator. Data dikumpulkan melalui survei daring terhadap 294 konsumen Milenial dan Gen Z Coca-Cola di Indonesia dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). CSR authenticity berpengaruh positif terhadap brand loyalty melalui brand authenticity dan brand love. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 14 dari 15 hipotesis yang diajukan didukung oleh data. Menurut teori atribusi, ketika konsumen menganggap CSR tulus, mereka menganggap merek tersebut sebagai autentik, dan mencintai merek tersebut; oleh karena itu, mereka cenderung lebih mempercayai merek, merekomendasikannya kepada orang lain, dan melakukan pembelian berulang. Penelitian ini meningkatkan pemahaman tentang teori atribusi dalam konteks CSR authenticity, brand authenticity, dan brand love dalam perilaku konsumen dalam konteks pasar anak muda Indonesia. Hasil penelitian akan membantu pemasar mengembangkan strategi CSR autentik yang efektif membangun brand loyalty di kalangan konsumen muda. Penelitian ini adalah yang pertama menguji CSR authenticity terhadap brand loyalty melalui underlying mechanism dari brand authenticity dan brand love di kalangan konsumen Milenial dan Gen Z Indonesia, menggunakan Coca-Cola sebagai objek.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 355/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBrand loyalty
Brand love
Corporate social responsibility (CSR)
Brand Authenticity
CSR authenticity
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 136 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?