Tesis
The Influence of CSR Authenticity on Brand Loyalty with the Mediation of Brand Authenticity and Brand Love: A Study on Millennial and Gen-Z Consumers of Coca-Cola in Indonesia
Meskipun Corporate Social Responsibility (CSR) telah diadopsi secara luas, konsumen tetap curiga dan skeptis terhadap motif sebenarnya dari perusahaan, sehingga penting untuk memahami bagaimana CSR yang autentik mempengaruhi loyalitas merek (brand loyalty) (brand trust, positive word-of-mouth, dan repurchase intention) melalui underlying mechanism dari brand authenticity (faktor eksternal) dan brand love (kecintaan merek) (faktor internal), terutama di kalangan generasi muda. Penelitian ini menguji bagaimana CSR authenticity mempengaruhi brand loyalty di kalangan konsumen Milenial dan Generasi (Gen) Z Coca-Cola Indonesia, dengan mempertimbangkan brand authenticity dan brand love sebagai mediator serta brand image sebagai moderator. Data dikumpulkan melalui survei daring terhadap 294 konsumen Milenial dan Gen Z Coca-Cola di Indonesia dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). CSR authenticity berpengaruh positif terhadap brand loyalty melalui brand authenticity dan brand love. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 14 dari 15 hipotesis yang diajukan didukung oleh data. Menurut teori atribusi, ketika konsumen menganggap CSR tulus, mereka menganggap merek tersebut sebagai autentik, dan mencintai merek tersebut; oleh karena itu, mereka cenderung lebih mempercayai merek, merekomendasikannya kepada orang lain, dan melakukan pembelian berulang. Penelitian ini meningkatkan pemahaman tentang teori atribusi dalam konteks CSR authenticity, brand authenticity, dan brand love dalam perilaku konsumen dalam konteks pasar anak muda Indonesia. Hasil penelitian akan membantu pemasar mengembangkan strategi CSR autentik yang efektif membangun brand loyalty di kalangan konsumen muda. Penelitian ini adalah yang pertama menguji CSR authenticity terhadap brand loyalty melalui underlying mechanism dari brand authenticity dan brand love di kalangan konsumen Milenial dan Gen Z Indonesia, menggunakan Coca-Cola sebagai objek.
| Call Number | Location | Available |
|---|---|---|
| T 355/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
| Penerbit | Jakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
|---|---|
| Edisi | - |
| Subjek | Brand loyalty Brand love Corporate social responsibility (CSR) Brand Authenticity CSR authenticity |
| ISBN/ISSN | - |
| Klasifikasi | NONE |
| Deskripsi Fisik | xiv, 136 p. : il. ; 30 cm |
| Info Detail Spesifik | Tesis |
| Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
| Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |