Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH PRODUCT
DESIGN DAN PERCEIVED QUALITY
TERHADAP CUSTOMER LOYALTY
PADA PENGGUNA MOBIL HYBRID:
PERAN MEDIA...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Analisis Pengaruh Product Design dan Perceived Quality terhadap Customer Loyalty pada Pengguna Mobil Hybrid: Peran Mediasi Customer Satisfaction dan Moderasi Perceived Value

Analysis of the Influence of Product Design and Perceived Quality on Customer Loyalty among Hybrid Car Users: The Mediating Role of Customer Satisfaction and Moderating Role of Perceived Value

Rizal Edy Halim (Pembimbing/Promotor) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ; Anna Amalyah Agus (Penguji) - ; Muchammad Nur Mafazi Aroli - ;

Era dekarbonisasi global telah mendorong transsacrificesmasi signifikan dalam industri otomotif, dengan meningkatnya permintaan kendaraan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh product design dan perceived quality terhadap customer loyalty pada pengguna mobil hybrid di DKI Jakarta, dengan customer satisfaction sebagai variabel mediasi dan perceived value sebagai variabel moderasi. Mengintegrasikan Expectancy-Value Theory sebagai landasan teoretis, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui desain penelitian eksplanatori. Data dikumpulkan dari 200 pengguna mobil hybrid di DKI Jakarta dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa product design dan perceived quality berpengaruh positif terhadap customer loyalty baik secara langsung maupun tidak langsung melalui customer satisfaction. Selain itu, perceived value memperkuat hubungan antara product design, perceived quality, customer satisfaction, dan customer loyalty. Penelitian ini memberikan wawasan teoretis dan praktis bagi produsen otomotif untuk mengembangkan strategi diferensiasi dan retensi pelanggan yang efektif di pasar yang semakin kompetitif dengan menekankan pada desain produk yang menarik, persepsi kualitas yang tinggi, dan proposisi nilai yang meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 352/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPerceived quality
Perceived value
Product design
Customer loyalty
Customer Satisfaction
hybrid vehicles
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 139 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?