Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH PENGUNGKAPAN IKLAN
PADA KREDIBILITAS INFLUENCER
TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN
PADA KONTEN TIKTOK PRODUK
MAKANAN D...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Pengungkapan Iklan pada Kredibilitas Influencer terhadap Niat Beli Konsumen pada Konten Tiktok Produk Makanan dan Minuman: Peran Mediasi Kredibilitas

The Effect of Advertising Disclosure on Influencer Credibility towards Consumer Purchase Intention on Tiktok Content of Food and Beverage Products: The Role of Credibility as Mediation

Rifelly Dewi Astuti (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Triza Mudita (Penguji) - ; Nanda Aulia Rachman - ;

Studi ini bertujuan untuk menguji dampak pengungkapan iklan terhadap kredibilitas influencer yang terdiri dari tiga dimensi: keterpercayaan, keahlian, dan daya tarik dan pengaruhnya terhadap niat pembelian konsumen. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif konklusif dengan desain stimulus dua kelompok (stimulus pengungkapan dan non-pengungkapan), data dikumpulkan melalui kuesioner daring dari 411 responden berusia 18–34 tahun, berdomisili di Indonesia, aktif di media sosial, dan memiliki pengalaman sebelumnya terlibat dengan konten influencer dan membeli makanan/minuman daring. Hasilnya, dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan 5000 bootstrap, dan multi group analysis menunjukkan bahwa pengungkapan iklan secara signifikan memengaruhi keterpercayaan, daya tarik, dan keahlian. Lebih jauh, keterpercayaan dan daya tarik memiliki efek positif yang signifikan terhadap niat pembelian, sementara pengaruh keahlian hanya signifikan dalam kelompok non pengungkapan. Efek mediasi signifikan melalui keterpercayaan dan daya tarik , dengan keahlian menunjukkan mediasi bersyarat. Temuan ini menyoroti pentingnya transparansi dan kredibilitas pribadi dalam strategi pemasaran influencer, sekaligus menggarisbawahi perlunya pedoman regulasi yang lebih jelas tentang pengungkapan iklan di lingkungan media sosial.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 350/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Social media marketing
Influencer Marketing
Influencer credibility
advertising disclosure
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 112 p. : ill. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?