Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ATTITUDE DAN
LEARNING EXPERIENCE TERHADAP
LEARNING OUTCOME PADA
PELATIHAN KESELAMATAN DAN
KESEHATAN KERJA BERBA...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Attitude dan Learning Experience terhadap Learning Outcome pada Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Berbasis E-Learning Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia

The Impact of Attitude and Learning Experience on Learning Outcomes in E-Learning-Based Occupational Health and Safety Training. A Study of Manufacturing Companies in Indonesia

Richard Rizaldi - ; Elok Savitri Pusparini (Pembimbing/Promotor) - ; Muhammad Irfan Syaebani (Penguji) - ; Fanny Mardianty (Penguji) - ;

Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) memiliki peran penting dalam
mencegah kecelakaan dan melindungi keselamatan pekerja di berbagai sektor, termasuk
industri manufaktur. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan pelatihan K3,
terutama selama pandemi COVID-19, pelatihan berbasis e-learning semakin diterapkan
untuk memberikan fleksibilitas dan efisiensi. Namun, efektivitas pelatihan K3 berbasis elearning di lingkungan manufaktur masih belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan
untuk mengkaji pengaruh attitude toward safety education dan attitude toward online
education, serta learning experience yang meliputi enjoyment dan satisfaction, terhadap
learning outcome yang mencakup actual learning, intention to use dan behavioral
change dalam pelatihan K3 berbasis e-learning di perusahaan manufaktur. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui survei secara
online kepada pekerja di Bogasari. Diperoleh sebanyak 361 data, 3 data yang merupakan
outlier dikeluarkan sehingga terdapat 358 data yang dianalisis lebih lanjut. Pengolahan
data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode Covariance-Based
Structural Equation Modelling (CB-SEM) yang dianalisis melalui aplikasi LISREL 8.8.
Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa intention to use memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap behavioral change, satisfaction dan enjoyment memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use. Attitude toward safety
education, attitude toward online education, dan enjoyment memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap satisfaction. Attitude toward online education memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap enjoyment. Penelitian ini berkontribusi dalam memahami
faktor-faktor yang mendorong behavioral change terkait kepatuhan terhadap peraturan
K3 di perusahaan manufaktur serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan
learning outcome dari pelatihan K3 berbasis e-learning


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 284/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekManufacturing company
Intention to use
Occupational Health and Safety (OHS)
e-Learning
Actual learning
Behavioral change
CB-SEM
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 177 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?