Tesis
The Impact of Scarlett Brand Activism Perception on Brand Loyalty: A Study on Generation Z and Millenials in Indonesia
Aktivisme merek (brand activism) telah menjadi strategi pemasaran yang semakin penting, terutama bagi generasi muda seperti Generasi Z dan Milenial yang lebih kritis terhadap nilai-nilai sosial yang dianut oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana persepsi Generasi Z dan Milenial terhadap aktivisme merek memengaruhi loyalitas merek, dengan mempertimbangkan peran mediasi dari brand attitude dan brand trust. Model penelitian ini mengadopsi Elaboration Likelihood Model (ELM) dan mempertimbangkan variabel seperti perceived issue novelty, perceived controversy, perceived argument quality, perceived authenticity, dan perceived motives. Dengan menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei terhadap konsumen di Indonesia yang sadar dengan kegiatan brand activism “Scarlett Beauty Impact”. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap kualitas argumen dan keaslian aktivisme merek berpengaruh positif terhadap brand trust, yang pada akhirnya meningkatkan loyalitas merek. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pemasar dalam merancang strategi aktivisme merek yang efektif serta mengurangi risiko backlash dari konsumen.
| Call Number | Location | Available |
|---|---|---|
| T 285/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
| Penerbit | Jakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
|---|---|
| Edisi | - |
| Subjek | Brand loyalty Brand trust Brand attitude Millenials Generation Z Brand Activism Elaboration Likelihood Model (ELM) |
| ISBN/ISSN | - |
| Klasifikasi | NONE |
| Deskripsi Fisik | xiii, 131 p. : il. ; 30 cm. |
| Info Detail Spesifik | Tesis |
| Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
| Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |