Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
DAMPAK PERSEPSI AKTIVISME
MEREK SCARLETT TERHADAP
LOYALITAS MEREK: STUDI PADA
GENERASI Z DAN MILENIAL DI
INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Dampak Persepsi Aktivisme Merek Scarlett terhadap Loyalitas Merek: Studi pada Generasi Z dan Milenial di Indonesia

The Impact of Scarlett Brand Activism Perception on Brand Loyalty: A Study on Generation Z and Millenials in Indonesia

Qutratu' Aina Wasyifa - ; Adi Zakaria Afiff (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Triza Mudita (Penguji) - ;

Aktivisme merek (brand activism) telah menjadi strategi pemasaran yang semakin penting, terutama bagi generasi muda seperti Generasi Z dan Milenial yang lebih kritis terhadap nilai-nilai sosial yang dianut oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana persepsi Generasi Z dan Milenial terhadap aktivisme merek memengaruhi loyalitas merek, dengan mempertimbangkan peran mediasi dari brand attitude dan brand trust. Model penelitian ini mengadopsi Elaboration Likelihood Model (ELM) dan mempertimbangkan variabel seperti perceived issue novelty, perceived controversy, perceived argument quality, perceived authenticity, dan perceived motives. Dengan menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei terhadap konsumen di Indonesia yang sadar dengan kegiatan brand activism “Scarlett Beauty Impact”. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap kualitas argumen dan keaslian aktivisme merek berpengaruh positif terhadap brand trust, yang pada akhirnya meningkatkan loyalitas merek. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pemasar dalam merancang strategi aktivisme merek yang efektif serta mengurangi risiko backlash dari konsumen.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 285/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBrand loyalty
Brand trust
Brand attitude
Millenials
Generation Z
Brand Activism
Elaboration Likelihood Model (ELM)
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 131 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?