Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
THE INFLUENCE OF
PSYCHOLOGICAL WORKPLACE
ENVIRONMENT AND WORK
MOTIVATION ON EMPLOYEE
PERFORMANCE: THE MEDIATING
ROLE OF ...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

The Influence of Psychological Workplace Environment and Work Motivation on Employee Performance: The Mediating Role of Affective Commitment among Generation Z Workers in Coffee Shops

Pengaruh Lingkungan Kerja Psikologis dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan: Peran Mediasi Komitmen Afektif pada Pekerja Generasi Z di Kedai Kopi

Yasmine Nasution (Pembimbing/Promotor) - ; Muhammad Irfan Syaebani (Penguji) - ; Putri Mega Desiana (Penguji) - ; John Malt - ;

Penelitian ini mengkaji pengaruh psychological workplace environment dan work motivation terhadap job performance pada karyawan Generation Z di sektor makanan dan minuman (food and beverage sector) di Indonesia, dengan fokus khusus pada peran mediasi dari affective commitment. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei daring terstruktur dan dianalisis menggunakan structural equation modeling. Temuan penelitian menunjukkan bahwa baik psychological workplace environment maupun work motivation secara signifikan meningkatkan affective commitment dan secara langsung berdampak positif terhadap job performance. Selain itu, affective commitment terbukti memediasi secara parsial hubungan antara psychological workplace environment, motivation, dan job performance, yang menandakan peran krusialnya dalam menjaga hasil organisasi meskipun Generation Z umumnya memiliki loyalitas organisasi yang lebih rendah. Penelitian ini menyoroti pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang fleksibel, suportif, dan inklusif yang disesuaikan dengan preferensi unik dari karyawan Generation Z. Selain itu, motivator intrinsik seperti peluang pengembangan diri dan penghargaan diidentifikasi sebagai faktor utama yang mendorong commitment dan performance. Studi ini memberikan kontribusi terhadap literatur dengan mengintegrasikan Herzberg’s Two-Factor Theory, Job Demands-Resources Model, dan Social Exchange Theory untuk memberikan kerangka kerja yang komprehensif dalam mengelola Generation Z di industri jasa dengan tingkat perputaran tinggi. Rekomendasi praktis diberikan untuk strategi human resource, sementara saran untuk penelitian selanjutnya mencakup eksplorasi lintas sektor industri dan budaya yang lebih luas.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 344/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekHuman resource management
Job performance
Affective commitment
Generation Z
Work Motivation
psychological workplace environment
food and beverage sector
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 262 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?