Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
THE IMPACT OF ENVIRONMENTAL
AND SOCIO-CULTURAL
DIMENSIONS OF SUSTAINABLE
TOURISM PRACTICES ON BALI'S
DESTINATION BRAND L...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

The Impact of Environmental and Socio-Cultural Dimensions of Sustainable Tourism Practices on Bali's Destination Brand Loyalty

Pengaruh Dimensi Lingkungan dan Sosial-Budaya dari Praktik Pariwisata Berkelanjutan terhadap Loyalitas Destinasi di Bali

Khrisna Triharyo - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ; Triza Mudita (Pembimbing/Promotor) - ;

Bali, sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia, saat ini menghadapi tantangan overtourism yang dapat mengancam keberlanjutan jangka panjangnya. Untuk merespons hal tersebut, praktik pariwisata berkelanjutan (PPB) diperkenalkan sebagai upaya untuk mengurangi dampak negatif ini sekaligus menjaga daya tarik pariwisata. Penelitian ini mengkaji hubungan antara praktik pariwisata berkelanjutan dan loyalitas destinasi dengan menggunakan Expectancy-Disconfirmation Model (EDM) sebagai landasan teoritis.

Meskipun penelitian sebelumnya telah mengeksplorasi pengaruh langsung PPB terhadap kepuasan wisatawan, studi ini mengisi celah teoretis dengan menggunakan EDM untuk menjelaskan bagaimana ekspektasi yang dibentuk oleh inisiatif keberlanjutan memengaruhi persepsi wisatawan. Meskipun kerangka PPB mencakup empat dimensi: lingkungan, ekonomi, sosial-budaya, dan institusional, penelitian ini memfokuskan pada dimensi lingkungan dan sosial-budaya yang dianggap sebagai motivasi utama serta faktor penarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak kedua dimensi tersebut terhadap ekuitas merek dan kepuasan wisatawan, yang kemudian berkontribusi pada loyalitas destinasi.

Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menganalisis data yang dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur. Sebanyak 176 data valid diperoleh dari wisatawan yang mengunjungi Bali antara tahun 2023 hingga 2025 dan tinggal minimal tiga hari selama kunjungan terakhirnya. Analisis dilakukan melalui evaluasi inner dan outer model, diikuti dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis bootstrapping.

Hasil penelitian secara statistik membuktikan bahwa citra merek dan kepuasan wisatawan memediasi pengaruh praktik pariwisata berkelanjutan terhadap loyalitas destinasi. Sebagai implikasi manajerial, studi ini merekomendasikan agar Dinas Pariwisata Bali dan para pemangku kepentingan lainya lebih aktif mempromosikan inisiatif pariwisata berkelanjutan sebagai bagian dari strategi pemasaran yang bertujuan memperkuat ekuitas merek, yang pada akhirnya menjadi pendorong utama kepuasan dan loyalitas wisatawan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 286/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekConsumer satisfaction
Brand loyalty
Brand equity
Sustainable tourism practices
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 130 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?