Tesis
Determinants of Consumer's Intention to Use QR Code-Based Intelligent Packaging on Food Products: Evidence from the Indonesia Marekt
Studi ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen untuk menggunakan kemasan cerdas berbasis teknologi QR Code untuk verifikasi keaslian produk di sektor makanan Indonesia, dengan menggunakan Model Adopsi Berbasis Nilai (VAM). Model yang diajukan ini mengintegrasikan tujuh konstruk inti: kegunaan yang dirasakan, kesenangan yang dirasakan, informasi yang dirasakan, teknikalitas yang dirasakan, biaya yang dirasakan, risiko privasi yang dirasakan, dan nilai yang dirasakan sebagai variabel mediasi utama yang mempengaruhi niat untuk menggunakan. Data dikumpulkan dari 263 responden melalui kuesioner online, dengan 249 responden yang valid dianalisis menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Temuan penelitian menunjukkan bahwa lima dari tujuh hipotesis didukung. Secara keseluruhan, nilai yang dirasakan muncul sebagai mediator kunci yang menghubungkan manfaat dan biaya teknologi dengan niat pengguna. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi bisnis, pemerintah, dan institusi pendidikan untuk merancang kebijakan dan program yang meningkatkan informasi yang dirasakan dan kemudahan penggunaan. Studi ini juga berkontribusi dalam memperluas kerangka VAM dalam konteks kemasan cerdas di sektor makanan dan menyarankan arah untuk penelitian di masa depan.
| Call Number | Location | Available |
|---|---|---|
| T 288/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
| Penerbit | Jakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
|---|---|
| Edisi | - |
| Subjek | Intention to use structural equation modelling (SEM) QR Code Intelligent packaging Value based adoption model (VAM) |
| ISBN/ISSN | - |
| Klasifikasi | NONE |
| Deskripsi Fisik | xiv, 156 p. : il. ; 30 cm. |
| Info Detail Spesifik | Tesis |
| Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
| Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |