Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENENTU NIAT PENGGUNAAN
KEMASAN CERDAS BERBASIS QR
CODE PADA PRODUK PANGAN OLEH
KONSUMEN: BUKTI DARI PASAR
INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Penentu Niat Penggunaan Kemasan Cerdas Berbasis QR Code pada Produk Pangan oleh Konsumen: Bukti dari Pasar Indonesia

Determinants of Consumer's Intention to Use QR Code-Based Intelligent Packaging on Food Products: Evidence from the Indonesia Marekt

Rolando Gultom - ; Adi Zakaria Afiff (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Triza Mudita (Penguji) - ;

Studi ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen untuk menggunakan kemasan cerdas berbasis teknologi QR Code untuk verifikasi keaslian produk di sektor makanan Indonesia, dengan menggunakan Model Adopsi Berbasis Nilai (VAM). Model yang diajukan ini mengintegrasikan tujuh konstruk inti: kegunaan yang dirasakan, kesenangan yang dirasakan, informasi yang dirasakan, teknikalitas yang dirasakan, biaya yang dirasakan, risiko privasi yang dirasakan, dan nilai yang dirasakan sebagai variabel mediasi utama yang mempengaruhi niat untuk menggunakan. Data dikumpulkan dari 263 responden melalui kuesioner online, dengan 249 responden yang valid dianalisis menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Temuan penelitian menunjukkan bahwa lima dari tujuh hipotesis didukung. Secara keseluruhan, nilai yang dirasakan muncul sebagai mediator kunci yang menghubungkan manfaat dan biaya teknologi dengan niat pengguna. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi bisnis, pemerintah, dan institusi pendidikan untuk merancang kebijakan dan program yang meningkatkan informasi yang dirasakan dan kemudahan penggunaan. Studi ini juga berkontribusi dalam memperluas kerangka VAM dalam konteks kemasan cerdas di sektor makanan dan menyarankan arah untuk penelitian di masa depan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 288/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekIntention to use
structural equation modelling (SEM)
QR Code
Intelligent packaging
Value based adoption model (VAM)
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 156 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?