Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH INFLUENCER TIKTOK
TERHADAP MINAT BELI PADA
BRAND SKINCARE NAUNGAN PT.
COSMAX INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Influencer TikTok terhadap Minat Beli pada Brand Skincare Naungan PT. Cosmax Indonesia

The Influence of TikTiok Influencers on Purchase Intention of Skincare Brands under PT. Cosmax Indonesia

Putik Mutia Amani - ; Anna Amalyah Agus (Pembimbing/Promotor) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing di TikTok terhadap minat beli konsumen terhadap produk skincare dari PT Cosmax Indonesia. Menggunakan pendekatan model Stimulus-Organism-Response (SOR), penelitian ini menguji karakteristik influencer seperti attractiveness, expertise, originality, homophily, dan interaction sebagai stimulus yang mempengaruhi sikap konsumen berupa image satisfaction dan advertising trust, serta keterikatan emosional self-brand connection terhadap minat beli (purchase intention). Selain itu, atribut produk seperti product quality, ingredients, awareness, dan safety juga dianalisis pengaruhnya terhadap minat beli.

Data dikumpulkan dari 321 responden pengguna aktif TikTok berusia 18–34 tahun, menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik SEM-PLS (SmartPLS 4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh karakteristik influencer berpengaruh signifikan terhadap advertising trust dan image satisfaction. Advertising trust terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap minat beli, sedangkan image satisfaction dan self-brand connection tidak berpengaruh langsung. Di sisi lain, atribut produk terutama product safety, menjadi faktor paling dominan dalam mendorong purchase intention.

Hasil Multigroup Analysis juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara preferensi konten edukatif dan hiburan terhadap hubungan variabel yang diuji. Penelitian ini menegaskan pentingnya kredibilitas influencer dan kualitas produk sebagai strategi utama dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui TikTok.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 290/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Skincare
Digital Marketing
TikTok
Influencer Marketing
PT Cosmax Indonesia
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 170 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?