Tesis
The Influence of Organizational Commitment, Participative Management, and Employer Brand Experience on Organizational Citizenship Behavior: The Mediating Role of Employee Engagement - A Study on Employees at Otoritas Pajak Pusat
Pajak memegang peranan penting dalam keberlangsungan negara ini. Menghadapi tantangan peningkatan penerimaan dan rasio pajak di masa mendatang, Otoritas Pajak Pusat melaksanakan reformasi perpajakan yang salah satunya bertumpu pada sumber daya manusia. Sebagai salah satu pilar penting dari organisasi, Otoritas Pajak Pusat perlu melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan employee engagement dan menumbuhkan perilaku organizational citizenship behaviour (OCB) bagi para pegawainya, tidak hanya OCB yang ditujukan kepada organisasi (OCB-O) dan rekan kerja (OCB-I), namun juga terhadap Wajib Pajak/masyarakat (OCB-C). OCB diharapkan membantu pegawai dalam meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak dan pada akhirnya meningkatkan penerimaan pajak negara. Berdasarkan berbagai literatur, terdapat beberapa hal yang mampu mendorong perilaku OCB, antara lain organizational commitment, participative management, dan employer brand experience serta menggunakan employee engagement sebagai variabel mediator. Penelitian ini dilakukan terhadap pegawai Otoritas Pajak Pusat yang memberikan pelayanan ataupun berhubungan langsung dengan wajib pajak. Dari 653 data responden yang terkumpul, 55 responden tidak memenuhi pertanyaan skrining kriteria responden, dan 45 responden memiliki pola jawaban yang seragam. Dengan demikian, data yang digunakan untuk analisis lebih lanjut berjumlah 553 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis Covariance-Based Structural Equation Modelling (CB-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa participative management, employer brand experience, dan employee engagement mampu mendorong perilaku OCB secara langsung. Selain itu, employee engagement mampu memediasi pengaruh positif organizational commitment, participative management, dan employer brand experience terhadap OCB. Penelitian ini mampu memberikan manfaat teoritis, metodologis, dan praktis untuk mendorong OCB pada organisasi sektor publik yang menjalankan pelayanan secara langsung kepada masyarakat.
| Call Number | Location | Available |
|---|---|---|
| T 293/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
| Penerbit | Jakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
|---|---|
| Edisi | - |
| Subjek | Public sector Organizational commitment Employee engagement Organizaional citizenship behavior Participative management Employee brand experience |
| ISBN/ISSN | - |
| Klasifikasi | NONE |
| Deskripsi Fisik | xv, 251 p. : il. ; 30 cm. |
| Info Detail Spesifik | Tesis |
| Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
| Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |