Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ORGANIZATIONAL
COMMITMENT, PARTICIPATIVE
MANAGEMENT, DAN EMPLOYER
BRAND EXPERIENCE TERHADAP
ORGANIZATIONAL CITI...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Organizational Commitment, Participative Management, dan Employer Brand Experience terhadap Organizational Citizenship Behavior: Peran Mediasi Employee Engagement Studi pada Pegawai Otoritas Pajak Pusat

The Influence of Organizational Commitment, Participative Management, and Employer Brand Experience on Organizational Citizenship Behavior: The Mediating Role of Employee Engagement - A Study on Employees at Otoritas Pajak Pusat

Wijanarko Pristiyanto Putro - ; Elok Savitri Pusparini (Pembimbing/Promotor) - ; Fanny Martdianty (Penguji) - ; Muhammad Irfan Syaebani (Penguji) - ;

Pajak memegang peranan penting dalam keberlangsungan negara ini. Menghadapi tantangan peningkatan penerimaan dan rasio pajak di masa mendatang, Otoritas Pajak Pusat melaksanakan reformasi perpajakan yang salah satunya bertumpu pada sumber daya manusia. Sebagai salah satu pilar penting dari organisasi, Otoritas Pajak Pusat perlu melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan employee engagement dan menumbuhkan perilaku organizational citizenship behaviour (OCB) bagi para pegawainya, tidak hanya OCB yang ditujukan kepada organisasi (OCB-O) dan rekan kerja (OCB-I), namun juga terhadap Wajib Pajak/masyarakat (OCB-C). OCB diharapkan membantu pegawai dalam meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak dan pada akhirnya meningkatkan penerimaan pajak negara. Berdasarkan berbagai literatur, terdapat beberapa hal yang mampu mendorong perilaku OCB, antara lain organizational commitment, participative management, dan employer brand experience serta menggunakan employee engagement sebagai variabel mediator. Penelitian ini dilakukan terhadap pegawai Otoritas Pajak Pusat yang memberikan pelayanan ataupun berhubungan langsung dengan wajib pajak. Dari 653 data responden yang terkumpul, 55 responden tidak memenuhi pertanyaan skrining kriteria responden, dan 45 responden memiliki pola jawaban yang seragam. Dengan demikian, data yang digunakan untuk analisis lebih lanjut berjumlah 553 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis Covariance-Based Structural Equation Modelling (CB-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa participative management, employer brand experience, dan employee engagement mampu mendorong perilaku OCB secara langsung. Selain itu, employee engagement mampu memediasi pengaruh positif organizational commitment, participative management, dan employer brand experience terhadap OCB. Penelitian ini mampu memberikan manfaat teoritis, metodologis, dan praktis untuk mendorong OCB pada organisasi sektor publik yang menjalankan pelayanan secara langsung kepada masyarakat.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 293/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPublic sector
Organizational commitment
Employee engagement
Organizaional citizenship behavior
Participative management
Employee brand experience
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 251 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?