Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
APAKAH SOSIAL MEDIA
MARKETING MENDORONG
LOYALITAS PELANGGAN
INDONESIA PADA ECO-BEAUTY
PRODUCTS?
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Apakah Sosial Media Marketing Mendorong Loyalitas Pelanggan Indonesia pada Eco-Beauty Products?

Does Social Media Marketing Drive Indonesian Customer Loyalty for Eco-Beauty Products?

Nicholas Dwi Chandra - ; Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Ignatius Heruwasto (Penguji) - ;

Aktivitas social media marketing pada eco-beauty products telah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan dan intensi pembelian. Namun, loyalitas pelanggan atas produk tersebut masih cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh social media marketing (SMM) terhadap loyalitas pelanggan berupa eco-beauty products continuous purchase intention (CPI). Model penelitian dikembangkan dari Theory of Planned Behavior (TPB) yang diintegrasikan dengan Stimulus-Organism-Response (SOR) Theory, dengan penambahan variabel SMM sebagai anteseden, dan perceived green product knowledge (GPK), environmental concern (ENC), dan satisfaction (SAT) sebagai mediator. Penelitian dilakukan di Indonesia menggunakan kuesioner yang ditargetkan pada responden pengguna media sosial aktif berusia 18-44 tahun yang pernah membeli eco-beauty products. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa SMM tidak memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap CPI. Namun, SMM memiliki pengaruh kuat secara signifikan melalui mediasi dari GPK, ENC, ketiga dimensi TPB, dan SAT. Penelitian ini memberikan kontribusi secara teoritis melalui pemahaman pengaruh SMM terhadap loyalitas pelanggan eco-beauty products berdasarkan pengembangan model TPB. Secara praktis, penelitian ini memberikan wawasan mengenai strategi SMM yang efektif untuk mendorong pembelian eco-beauty products secara kontinu.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 298/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekCustomer loyalty
Theory of Planned Behavior
Social media marketing
Continuous purchase intention
Eco-beauty products
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 126 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?