Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
LOYALITAS NASABAH DIGITAL
BANKING: PERAN USER JOURNEY
DAN CUSTOMER EXPERIENCE:
STUDI PADA BANK MAS
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Loyalitas Nasabah Digital Banking: Peran User Journey dan Customer Experience: Studi pada Bank Mas

Digital Banking Customer Loyalty: The Role of User Journey and Customer Experience: Study at Bank Mas

Khoiriyah Nurul Yusdasani - ; Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Ignatius Heruwasto (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran user journey dan customer experience dalam memengaruhi loyalitas nasabah dalam konteks layanan digital banking, dengan studi kasus pada Bank MAS. Model penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) terhadap data yang dikumpulkan dari 280 responden pengguna aplikasi Bank MAS Mobile. Variabel-variabel yang diuji meliputi ease of use, perceived value, quality of support, reliability, perceived risk, dan ability to innovate sebagai faktor yang memengaruhi customer experience, serta peran customer satisfaction sebagai variabel mediasi terhadap customer loyalty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap customer experience, dengan ability to innovate menjadi faktor paling dominan. Selain itu, customer satisfaction terbukti memediasi hubungan antara customer experience dan customer loyalty. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pengembangan model pengalaman pelanggan dalam konteks digital banking lokal, serta implikasi manajerial untuk peningkatan inovasi dan kualitas layanan di sektor perbankan digital.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 307/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekCustomer loyalty
Customer Satisfaction
Customer Experience
Digital banking
SEM-PLS
User journey
Bank Mas
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 129 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?