Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ESG SCORE TERHADAP
NILAI PERUSAHAAN DI ASEAN-5
PERAN COMPETITIVE ADVANTAGE
SEBAGAI VARIABEL MODERASI
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh ESG Score terhadap Nilai Perusahaan di ASEAN-5 Peran Competitive Advantage sebagai Variabel Moderasi

The Impact of ESG Score on Company Value in ASEAN-5: The Role of Competitive Advantage as a Moderating Variable

Yolanda Joshua - ; Dony Abdul Chalid (Pembimbing/Promotor) - ; Ririen Setiati Riyanti (Penguji) - ; Arief Wibisono Lubis (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Environmental, Social, dan Governance (ESG)terhadap nilai perusahaan di ASEAN-5 (ASEAN), dengan mempertimbangkan peran keunggulan kompetitif sebagai variabel moderasi. Studi ini menggunakan data panel dari 90 perusahaan publik di kawasan ASEAN selama periode 2018–2023. Metode estimasi yang diterapkan adalah Fixed Effects untuk mengontrol heterogenitas individu perusahaan serta memastikan validitas hasil penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor ESG memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa implementasi ESG belum tentu meningkatkan nilai perusahaan dalam jangka pendek, terutama di pasar negara berkembang, khususnya ASEAN. Namun, keunggulan kompetitif terbukti memoderasi hubungan tersebut dengan cara memperlemah dampak negatif ESG terhadap nilai perusahaan. Dengan demikian, perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif yang relatif lebih baik mampu mengelola risiko dan biaya implementasi ESG, sehingga dapat mempertahankan nilai pasarnya. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya strategi yang seimbang dalam penerapan ESG, dengan tetap memperhatikan keunggulan kompetitif agar tidak mengurangi nilai perusahaan. Bagi investor, hasil ini memberikan perspektif bahwa perusahaan dengan keunggulan kompetitif yang kuat lebih mampu beradaptasi terhadap kebijakan ESG dan mempertahankan nilai investasinya. Selain itu, pembuat kebijakan perlu merancang regulasi ESG yang dapat mendukung pertumbuhan perusahaan tanpa menimbulkan dampak negatif terhadap nilai pasar. Studi ini juga berkontribusi terhadap literatur ESG di pasar negara berkembang dengan memberikan bukti empiris mengenai hubungan ESG, nilai perusahaan, dan keunggulan kompetitif. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi faktor lain yang dapat memoderasi hubungan tersebut, seperti kondisi makroekonomi, regulasi pemerintah, serta ketidakpastian politik.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 310/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekCompetitive advantage
Firm value
ESG Score
Environmental Social and Governance (ESG)
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 111 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?