Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI CUSTOMER
ENGAGEMENT APPLICATION DAN
CONTINUOUS USAGE INTENTION
PADA APLIKASI INVESTASI D...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Customer Engagement Application dan Continuous Usage Intention pada Aplikasi Investasi di Indonesia

Factors Influencing Customer Engagement Application and Continuous Usage Intention on Investment Applications in Indonesia

T. Ezni Balqiah (Pembimbing/Promotor) - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Penguji) - ; Rifelly Dewi Astuti (Penguji) - ; Pinky Della Angelina Simanjuntak - ;

Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi besar dalam sektor keuangan, termasuk meningkatnya penggunaan aplikasi investasi di Indonesia. Namun, tantangan dalam mempertahankan keterlibatan pengguna serta mendorong niat penggunaan berkelanjutan masih menjadi isu penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh berbagai stimulus digital terdiri dari social presence, service quality, security, data analytics, dan social motivation terhadap customer app engagement, serta dampaknya terhadap continued usage intention. Selain itu, penelitian ini juga menguji peran corporate hypocrisy dan fear of uncertainty sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara keterlibatan pengguna dan intensi penggunaan berkelanjutan. Untuk menguji 8 hipotsis, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada 235 responden pengguna aplikasi investasi di Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 hipotesis seluruh variabel memiliki pengaruh positif terhadap customer app engagement, dengan data analytics menjadi faktor yang paling dominan. Selanjutnya, customer app engagement berpengaruh signifikan terhadap continuous usage intention. Dalam uji moderasi Corporate hypocrisy juga terbukti melemahkan hubungan tersebut secara signifikan, sedangkan fear of uncertainty justru memperkuatnya, bertentangan dengan hipotesis awal. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengguna aplikasi investasi telah terbiasa menghadapi risiko dan ketidakpastian pasar, sehingga keterlibatan mereka tetap berdampak positif terhadap penggunaan lanjutan meskipun berada dalam kondisi tidak pasti. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam memperluas model Stimulus-Organism-Response dalam konteks layanan keuangan digital, serta memberikan implikasi praktis bagi pengembang aplikasi dalam merancang strategi engagement dan komunikasi perusahaan yang lebih kredibel dan berbasis data.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 341/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekData Analytics
PLS-SEM
Continuous usage intention
investment application
customer engagement application
corporate hypocrisy
fear of uncertainty
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 147 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?