Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
EFISIENSI VARIASI MODEL
KENDARAAN MEREK T MELALUI
PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT
ANALAYSIS (DEA): STUDI
STRATEGIS PADA PT. ...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Efisiensi Variasi Model Kendaraan Merek T melalui Pendekatan Data Envelopment Analaysis (DEA): Studi Strategis pada PT. XYZ

Efficieny of Vehicle Model Variations of Brand T Using a Data Envelopment Analysis (DEA) Approach: A Strategic Study at PT. XYZ

RR. Ratih Dyah Kusumastuti (Penguji) - ; Arviansyah (Penguji) - ; Jonathan Nahum Marpaung (Pembimbing/Promotor) - ; Heri Kusnanto - ;

Industri otomotif Indonesia menghadapi tantangan dalam mengelola efisiensi di tengah kebutuhan untuk mendiversifikasi model kendaraan guna memenuhi preferensi konsumen yang semakin kompleks. Penelitian ini menganalisis efisiensi variasi model produk pada PT. XYZ, distributor kendaraan merek T di Indonesia, dengan menggunakan pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA). Metode ini mengevaluasi efisiensi relatif setiap model kendaraan berdasarkan input operasional (biaya penjualan, biaya pemasaran, biaya trial unit dan biaya training) dan output yang dihasilkan (jumlah penjualan, market shares dan gross profit). Hasil penelitian mengidentifikasi merek T sebagai pemimpin pasar otomotif di Indonesia dengan 29 variasi model kendaraanya menunjukkan bahwa hanya 41% dari total model kendaraan yang beroperasi secara efisien, terutama dalam segmen MPV dengan penjualan mencapai 275,009 unit, yang mewakili 59% dari total penjualan MPV di pasar. Analisis lebih lanjut terhadap DMU model kendaraan halo car menunjukkan bahwa meskipun beberapa memiliki laba kotor per unit yang tinggi, volume penjualan dan pangsa pasar mereka relatif kecil dimana 100% DMU halo car tidak efisien. Temuan ini menunjukkan perlunya evaluasi strategi pemasaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional di segmen kendaraan premium dan niche. Implikasi penelitian ini mencakup kontribusi terhadap peningkatan daya saing PT. XYZ di pasar otomotif nasional, mendukung keberlanjutan bisnis, dan memberikan wawasan serta panduan strategis bagi pelaku industri otomotif lainnya dalam menghadapi tantangan pasar yang dinamis.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 329/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekAutomotive industry
Operational efficiency
Data Envelopment Analysis (DEA)
model variation
halo car
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 102 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?