Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERAN HALAL BLOCKCHAIN
TERHADAP PURCHASE INTENTION
DAN WILLINGNESS TO PAY MORE
DALAM RANTAI PASOK B2B
INDUSTRI FOOD AND ...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Peran Halal Blockchain terhadap Purchase Intention dan Willingness to Pay More dalam Rantai Pasok B2B Industri Food and Beverage Bersertifikat Halal

Role of Halal Blockchain in Shaping Purchase Intention and Willingness to Pay More in Halal B2B Food and Beverage Supply Chains

Imam Salehudin (Pembimbing/Promotor) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ; Digna Rahma Prawati - ;

Industri makanan dan minuman menghadapi tantangan dalam menjamin integritas produk halal. Transparansi akan menjadi prasyarat yang perlu dipatuhi pelaku bisnis makanan dan minuman (F&B) di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention dan willingness to pay more pelaku usaha F&B dalam membeli bahan baku dari supplier yang telah menerapkan sistem Halal Blockchain. Penelitian ini menggunakan hasil survei dari 183 responden pelaku bisnis makanan dan minuman bersertifikasi halal di Indonesia untuk menguji model penelitian yang diusulkan. Data dianalisis menggunakan pendekatan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived value, trust, dan dukungan pemerintah merupakan key driver tidak langsung dari willingness to pay more. Temuan ini memberikan wawasan bagaimana atribut manfaat utama dari Halal Blockchain dan faktor halal standardization mampu meningkatkan perceived value bahan pangan halal di kalangan pelaku bisnis B2B. Hasil penelitian dapat digunakan oleh pemasar untuk mengevaluasi faktor-faktor dan atribut manfaat unik dari fitur Halal Blockchain guna memperkuat persepsi nilai oleh customer B2B sehingga dapat meningkatkan intensi pembelian dan meningkatkan kesediaan untuk membayar lebih oleh customer bisnis.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 321/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Business marketing
Willingness to Pay More
Halal blockchain
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 132 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?