Tesis
Role of Halal Blockchain in Shaping Purchase Intention and Willingness to Pay More in Halal B2B Food and Beverage Supply Chains
Industri makanan dan minuman menghadapi tantangan dalam menjamin integritas produk halal. Transparansi akan menjadi prasyarat yang perlu dipatuhi pelaku bisnis makanan dan minuman (F&B) di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention dan willingness to pay more pelaku usaha F&B dalam membeli bahan baku dari supplier yang telah menerapkan sistem Halal Blockchain. Penelitian ini menggunakan hasil survei dari 183 responden pelaku bisnis makanan dan minuman bersertifikasi halal di Indonesia untuk menguji model penelitian yang diusulkan. Data dianalisis menggunakan pendekatan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived value, trust, dan dukungan pemerintah merupakan key driver tidak langsung dari willingness to pay more. Temuan ini memberikan wawasan bagaimana atribut manfaat utama dari Halal Blockchain dan faktor halal standardization mampu meningkatkan perceived value bahan pangan halal di kalangan pelaku bisnis B2B. Hasil penelitian dapat digunakan oleh pemasar untuk mengevaluasi faktor-faktor dan atribut manfaat unik dari fitur Halal Blockchain guna memperkuat persepsi nilai oleh customer B2B sehingga dapat meningkatkan intensi pembelian dan meningkatkan kesediaan untuk membayar lebih oleh customer bisnis.
| Call Number | Location | Available |
|---|---|---|
| T 321/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
| Penerbit | Jakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
|---|---|
| Edisi | - |
| Subjek | Purchase intention Business marketing Willingness to Pay More Halal blockchain |
| ISBN/ISSN | - |
| Klasifikasi | NONE |
| Deskripsi Fisik | xiii, 132 p. : il. ; 30 cm |
| Info Detail Spesifik | Tesis |
| Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
| Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |