Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DARI
MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
TERHADAP NIAT PEMBELIAN
ONLINE UNTUK PRODUK HIJAB
FASHION PADA GEN Z
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Analisis Faktor-Faktor dari Media Sosial Instagram terhadap Niat Pembelian Online untuk Produk Hijab Fashion pada Gen Z

Analysis of Factors from Instagram Social Media toward Online Purchase Intention to Hijab Fashion Product Among Gen Z

Faradisa Zikriya Puteri - ; Hapsari Setyowardhani (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Daryanti (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Pertumbuhan pesat teknologi digital dan media sosial telah mengubah strategi pemasaran yang menyasar Gen Z. Penelitian ini menganalisis pengaruh faktor-faktor yang terkait dengan Instagram, yaitu social media usage, user generated content, dan social media influencer credibility terhadap online purchase intention produk hijab fashion di kalangan Gen Z dengan menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) serta religiosity sebagai variabel moderator. Pendekatan kuantitatif dilakukan melalui survei online terhadap 233 responden perempuan Muslim Gen Z di Indonesia yang aktif menggunakan Instagram dan mengikuti macro-influencer di bidang hijab fashion. Data dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media usage berpengaruh signifikan terhadap attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control. User generated content berpengaruh signifikan terhadap subjective norms, dan social media influencer credibility berpengaruh signifikan terhadap attitude. Attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control berpengaruh positif terhadap online purchase intention produk hijab fashion. Namun, religiosity tidak memoderasi hubungan antara komponen TPB dengan online purchase intention. Dengan demikian, faktor-faktor Instagram serta komponen TPB berperan penting dalam membentuk online purchase intention produk hijab fashion pada Gen Z, sementara religiosity tidak menunjukkan efek moderasi.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15931PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekInstagram
Theory of Planned Behavior
Religiosity
Gen Z
Online Purchase Intention to Hijab Fashion
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvii, 168 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?