Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ELEMEN BRANDING
MARKETING 4.0 PADA CUSTOMER
SATISFACTION DAN REPURCHASE
INTENTION: PERAN MEDIASI
PERCEIVED VALU...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Elemen Branding Marketing 4.0 pada Customer Satisfaction dan Repurchase Intention: Peran Mediasi Perceived Value di Industri Rumah Sakit Indonesia

The Influence of Branding 4.0 Elements on Customer Satisfaction and Repurchase Intention: The Mediating Role of Perceived Value in The Indonesian Hospital Industry

Rizal Edy Halim (Pembimbing/Promotor) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ; Anna Amalyah Agus (Penguji) - ; Indah Kurniawati Sihombing - ;

Perkembangan era digital telah mendorong transformasi strategi pemasaran di berbagai sektor, termasuk layanan kesehatan. Marketing 4.0 memperkenalkan pendekatan yang menggabungkan dimensi digital dan human-centric dengan penekanan pada interaktivitas dan pengalaman pelanggan. Penelitian ini mengkaji pengaruh elemen branding dalam Marketing 4.0 yaitu Brand Identity, Brand Image, Brand Integrity, dan Brand Interaction terhadap Customer Satisfaction dan Repurchase Intention dengan Perceived Value sebagai variabel mediasi di industri rumah sakit di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 282 responden, dan analisis dilakukan menggunakan Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) melalui software AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua elemen branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction dan Perceived Value. Selanjutnya, Perceived Value terbukti memediasi secara signifikan pengaruh elemen branding terhadap Customer Satisfaction dan Repurchase Intention. Selain itu, Customer Satisfaction dan Perceived Value secara langsung meningkatkan Repurchase Intention.

Temuan ini memperkuat validitas kerangka Marketing 4.0 dalam sektor layanan kesehatan dan menegaskan pentingnya membangun pengalaman merek yang autentik, konsisten, dan bernilai bagi pasien. Secara teoretis, studi ini memberikan kontribusi terhadap literatur pemasaran strategis dalam layanan jasa khususnya rumah sakit berbasis digital. Secara praktis, hasil penelitian ini memberikan implikasi manajerial bagi rumah sakit dalam merancang strategi pemasaran yang holistik dan terintegrasi untuk meningkatkan loyalitas pasien di tengah dinamika pasar yang kompetitif.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 312/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBrand image
Perceived value
Repurchase intention
Brand identity
Customer Satisfaction
Brand interaction
Marketing 4.0
Brand integrity
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 125 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?