Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PREFERENSI PENJUAL
TERHADAP SISTEM PEMBAYARAN
CASHLESS DENGAN METODE
ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS
(AHP) PADA UK...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025

Tesis

Analisis Preferensi Penjual terhadap Sistem Pembayaran Cashless dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada UKM XYZ

Seller Preference Analysis Towards Cashless Payment System Using Analytical Hierarchy Process (AHP) as Small and Medium Enterprises (SMEs)

Putri Kartika Sari - ; RR. Ratih Dyah Kusumastuti (Penguji) - ; Nofrisel (Penguji) - ; Jonathan Nahum Marpaung (Pembimbing/Promotor) - ;

Perkembangan teknologi memberikan ruang dalam penggunaan pembayaran cashless pada platform digital. Kurangnya pemanfaatan fitur pada platform digital memicu fluktuasi laba rugi pada perusahaan. Oleh karena itu, pentingnya preferensi pengguna merasakan nilai tambah dengan melakukan transaksi secara online seperti efisiensi waktu, memberikan informasi mengenai promosi produk dan jasa, kemudahan penggunaan fitur pada aplikasi, dan transaksi real time termasuk keamanan data digital pengguna terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi penjual terhadap metode pembayaran cashless pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) XYZ, Fokus penelitian ini adalah data selama 2025, dengan tujuan untuk menganalisis preferensi penjual terhadap online payment yang digunakan dalam transaksi. Melalui penerapan model Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan software Superdecision 2.10.0, penelitian ini menganalisis metode pembayaran yang paling menguntungkan menurut preferensi penjual. Dalam proses pengambilan keputusan metode AHP menggunakan multi kriteria sebagai bahan pertimbangan dengan memberikan bobot (weighted) pada setiap kriteria. Hasil analisis AHP menunjukkan ranking pada sistem pembayaran online yang digunakan UKM XYZ yaitu GoPay pada posisi pertama dengan persentase 28,89% diikuti dengan QRIS dengan persentase 26,85% , pembayaran Grab dengan 18,62%, ShopeePay dengan persentase 14,12% dan mesin EDC dengan 11,52%. Setelah itu, penelitian dilanjutkan dengan analisis sensitivitas dimana analisis ini akan memberikan responsivitas penjual dalam menghadapi perubahan bobot kriteria, sehingga manajemen mampu membuat strategi yang robust dan agile. Hasil dari uji sensitivitas menunjukan kriteria biaya menjadi kriteria yang paling sensitive diantara kriteria lainnya diikuti dengan berurutan kriteria transaksi real time, promosi, dan kemudahan penggunaan fitur. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pertimbangan yang mendalam bagi UKM XYZ dalam meningkatkan daya saing dan stategi bisnis yang responsif terhadap perubahan kondisi pasar.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 380/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekAHP
Digital platform
Sensitivity
Cashless payment
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 79 p. ; il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?