Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
GREEN PURCHASE BEHAVIOR DI
KALANGAN GEN MILENIAL DAN
GEN Z DENGAN RELIGIOSITY
SEBAGAI MODERASI: PENDEKATAN
THE EXTENDED ...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Green Purchase Behavior di Kalangan Gen Milenial dan Gen Z dengan Religiosity sebagai Moderasi: Pendekatan The Extended Theory of Planned Behavior

Green Purchase Behavior Among Millennials and Gen Z with Religiosity as a Moderating Variable: An Extended Theory of Planned Behavior Approach

Ayunita Sahara - ; Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Hapsari setyowardhani (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Dalam beberapa dekade terakhir, kepedulian terhadap isu lingkungan meningkat, terutama di kalangan Generasi Milenial dan Gen Z yang dikenal lebih sadar lingkungan dan cenderung memilih produk ramah lingkungan. Namun, perilaku pembelian mereka masih belum konsisten. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian produk ramah lingkungan pada Gen Milenial dan Gen Z Muslim di Jabodetabek dengan pendekatan Extended Theory of Planned Behavior (ETPB) dan religiosity sebagai variabel moderasi. Data dikumpulkan dari 292 responden dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui SmartPLS 4.0. Hasil menunjukkan bahwa Environmental Concern (EC) dan Green Perceived Value (GPV) berpengaruh positif signifikan terhadap Attitude Toward Purchase of Green Product (ATPG) dan Subjective Norm (SN). Green Brand Knowledge (GBK) tidak berpengaruh signifikan, sementara Environmental Knowledge (EK) hanya berpengaruh pada SN. ATPG dan Perceived Behavioral Control (PBC) berpengaruh terhadap Green Purchase Intention (GPI), tetapi SN tidak. GPI dan PBC berpengaruh signifikan terhadap Green Purchase Behavior (GPB). Religiosity memoderasi hubungan antara PBC dan GPI, namun tidak pada hubungan ATPG dan SN dengan GPI. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pelaku usaha dan pembuat kebijakan untuk mendorong konsumsi berkelanjutan di kalangan generasi muda Muslim.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15951PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekReligiosity
Millennials
Generation Z
Green Purchase Behavior
Green Purchase Intention
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxx, 182 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?