Skripsi
The Influence of Sustainable Finance Literacy on the Ownership of ESG-Based Investment Products in Indonesia: A Case Study of Generation Z Investors in Jabodetabek
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan berkelanjutan (Sustainable Finance Literacy/SFL) terhadap kepemilikan produk investasi berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) pada investor Generasi Z di wilayah Jabodetabek. Permasalahan rendahnya literasi keuangan berkelanjutan pada generasi muda menjadi tantangan tersendiri dalam mendorong partisipasi pada investasi berkelanjutan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 275 responden Generasi Z berusia 17–28 tahun yang berdomisili di Jabodetabek dan telah memiliki pengalaman investasi. Analisis data dilakukan dengan metode regresi Poisson untuk mengidentifikasi determinan literasi, serta model Probit untuk menguji pengaruh literasi terhadap kepemilikan produk ESG, dengan bantuan perangkat lunak STATA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berkelanjutan (SFL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepemilikan produk investasi ESG. Semakin tinggi tingkat literasi keuangan berkelanjutan, semakin besar probabilitas Generasi Z untuk memiliki produk investasi berbasis ESG. Sebaliknya, literasi keuangan umum (Financial Literacy) dan literasi keberlanjutan (Sustainability Literacy) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepemilikan produk ESG. Bahkan, literasi keberlanjutan umum yang lebih tinggi justru cenderung menurunkan peluang kepemilikan produk ESG. Selain itu, kesadaran terhadap keuangan berkelanjutan (Sustainable Finance Awareness/SFA) juga tidak berpengaruh signifikan dalam mendorong kepemilikan produk ESG pada generasi muda. Temuan ini menegaskan pentingnya edukasi yang berfokus pada peningkatan literasi keuangan berkelanjutan secara spesifik, bukan sekadar pengetahuan atau kesadaran umum mengenai keberlanjutan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi regulator, institusi keuangan, dan akademisi dalam merancang strategi edukasi dan kebijakan yang lebih efektif untuk mendorong partisipasi generasi muda dalam investasi berkelanjutan di Indonesia.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15962 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Generation Z ESG Sustainable investment Sustainable finance literacy |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xii, 93 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |