Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH CORPORATE SOCIAL
RESPONSIBILITY (CSR)
TERHADAP WORK COMMITMENT
DENGAN MEDIASI INTRINSIC
MOTIVATION DAN EMPLOYEE...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Work Commitment dengan Mediasi Intrinsic Motivation dan Employee Trust pada Karyawan PT XYZ

The Influence of CSR on Work Commitment with the Mediation of Intrinsic Motivation and Employee Trust among Employees of PT XYZ

Ayu Aprillianti (Pembimbing/Promotor) - ; Adelya Puspita Azzahra Ardiyan - ; Putri Mega Desiana (Penguji) - ; Imbuh Sulistyarini (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR)
terhadap komitmen kerja karyawan yang dimediasi motivasi intrinsik dan kepercayaan
karyawan pada PT XYZ, sebuah perusahaan yang bergerak di sektor migas dan energi.
CSR dalam penelitian ini diukur melalui dimensi ekonomi, legal, etis, dan sosial yang
relevan dengan konteks industri migas. Metode penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan
kepada karyawan sektor migas PT XYZ. Analisis data dilakukan menggunakan
Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan dalam model penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR memiliki pengaruh positif signifikan terhadap
komitmen kerja karyawan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi
intrinsik dan kepercayaan karyawan. Motivasi intrinsik merupakan mediator yang
memediasi pengaruh antara CSR terhadap komitmen kerja secara parsial, sedangkan
kepercayaan karyawan terbukti untuk tidak memediasi pengaruh antara CSR dan
komitmen kerja. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan
literatur CSR dan perilaku organisasi serta implikasi praktis bagi perusahaan dalam
merancang strategi CSR yang efektif untuk meningkatkan loyalitas dan produktivitas
karyawan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15994PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekCorporate social responsibility
Oil and gas industry
Intrinsic motivation
Employee trust
Employee Work Commitment
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 134 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?