Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
DARI GAZA KE WALL STREET:
SEBUAH EVENT STUDY TERHADAP
DAMPAK KONFLIK ISRAEL-HAMAS
PADA SAHAM YANG
DIASOSIASIKAN DENGAN G...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Dari Gaza ke Wall Street: Sebuah Event Study terhadap Dampak Konflik Israel-Hamas pada Saham yang Diasosiasikan dengan Gerakan BDS

From Gaza to Wall Street: An Event Study of the Impact of the Israel-Hamas Conflict on Stocks Associated with the BDS Movement

Kayla Andan Sari - ; Zaafri Ananto Husodo (Pembimbing/Promotor) - ; Nur Dhani Hendranastiti (Penguji) - ; Rofikoh Rokhim (Penguji) - ;

Studi ini menganalisis reaksi pasar jangka pendek terhadap lima peristiwa geopolitik utama selama konflik Israel–Hamas, dengan fokus pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Amerika Serikat dan menjadi target kampanye BDS. Menggunakan metode event study, abnormal return (AR, CAR, AAR, CAAR) dianalisis menggunakan model CAPM, Fama-French 3-Factor, dan 5-Factor. Hasil menunjukkan bahwa respons pasar bersifat selektif dan dipengaruhi oleh tekanan reputasi. Event pertama (serangan Hamas) berdampak signifikan dan konsisten terhadap Sabra (PepsiCo) dan Chevron, sementara event kedua (gencatan senjata) menunjukkan dampak yang terbatas. Event ketiga (gugatan genosida di ICJ) memicu respons yang tertunda terhadap saham-saham seperti HPE, Intel dan Re/Max. Event keempat (perintah darurat ICJ) menunjukkan reaksi yang lebih tertunda dan terbatas, dengan sejumlah perusahaan besar seperti Airbnb, Disney, Google, Intel, McDonald’s, dan Expedia terdampak secara konsisten. Efek yang lebih luas dan langsung terlihat pada event kelima (serangan Rafah), dengan delapan perusahaan yang terdampak secara konsisten, termasuk Airbnb, Disney, Expedia, HP, Papa John’s, Burger King, Re/Max, dan WiX. Model CAPM menangkap reaksi pasar yang lebih luas, sementara model Fama-French cenderung lebih konservatif. Temuan ini menegaskan bahwa tekanan reputasi dan sorotan media semakin berperan dalam membentuk perilaku investor. Reaksi pasar tidak selalu terjadi secara langsung, melainkan berkembang secara bertahap, sejalan dengan teori efisiensi pasar bentuk semi-kuat (Fama, 1970) dan teori behavioral finance (Shiller, 2003).


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 16001PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekAbnormal return
Event Study
Reputational Risk
Geopolitical Risk
Stock Market Reactions
Israel - Hamas Conflict
Fama-French Models
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvi, 145 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?