Skripsi
Geser, Gulir, Belanja: Apakah Penggunaan Internet Mendorong Konsumsi Hedonis?
Pertumbuhan pesat penggunaan internet untuk aktivitas non-produktif, seperti mencari infromasi, media sosial, berbelanja, dan layanan keuangan digital, telah secara signifikan mengubah pola konsumsi hedonik rumah tangga di Indonesia. Studi ini menganalisi dampak penggunaan internet terhadap pengeluaran rumah tangga yang bersifat hedonik dengan menggunakan data Susenas 2023. Penelitian ini menggunakan metode regresi instrumental variable (IV), dengan kualitas sinyal sebagai instrumen. Studi ini menemukan bahwa penggunaan internet secara signifikan meningkatkan pengeluaran untuk barang dan jasa hedonik, menunjukkan peranan digitalisasi dalam mendorong konsumsi yang berorientasi pada kesenangan di negara berkembang. Uniknya, meskipun penggunaan internet untuk belanja daring dan layanan keuangan digital masih terbatas, dampaknya terhadap konsumsi cukup signifikan. Hal ini menunjukkan peran penting keduanya dalam memfasilitasi paparan digital terhadap konsumsi hedonik.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 16008 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Internet Usage Internet signal Hedonic consumption Digital behavioral economics Online activities |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xv, 96 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |