Skripsi
The Influence of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image, and Brand Loyalty of the Ministry of Finance of the Republic of Indonesia
Penggunaan strategi marketing pada sektor publik tidaklah semasif pada sektor swasta. Namun saat ini sektor publik sudah banyak menerapkan prinsip-prinsip dan strategi marketing terutama melalui sosial media untuk meningkatkan komunikasi dan hubungannya dengan masyarakat sehingga tercipta brand awareness, brand image, dan brand loyalty terhadap institusi publik seperti Kementerian Keuangan. Namun, dalam literatur, masih sangat terbatas penelitian yang melihat efektivitas penggunaan sosial media pada strategi marketing di sektor publik seperti pemerintah. Oleh karena itu skripsi ini meneliti mengenai pengaruh dari aktivitas pemasaran media sosial (SMM) yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia terhadap kesadaran merek (brand awareness), citra merek (brand image), dan loyalitas merek (brand loyalty) masyarakat terhadap Kementerian Keuangan. Dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) terhadap 344 data responden, ditemukan bahwa aktivitas pemasaran media sosial yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui platform Instagram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek (brand awareness), citra merek (brand image), dan loyalitas merek (brand loyalty) dari masyarakat terhadap Kementerian Keuangan. Selanjutnya, kesadaran merek masyarakat terhadap Kementerian Keuangan memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap citra merek Kementerian Keuangan dan citra merek Kementerian Keuangan di masyarakat memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap loyalitas merek masyarakat terhadap Kementerian Keuangan.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 16015 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Brand loyalty Social media Public sector Brand image Brand awareness |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | 130 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |