Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH AKTIVITAS PEMASARAN
MEDIA SOSIAL TERHADAP
KESADARAN MEREK (BRAND
AWARENESS), CITRA MEREK
(BRAND IMAGE), DAN LOY...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Kesadaran Merek (Brand Awareness), Citra Merek (Brand Image), dan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Kementerian Keuangan Republik Indonesia

The Influence of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image, and Brand Loyalty of the Ministry of Finance of the Republic of Indonesia

Putu Arthavina Kusuma Cahyadewi - ; Akhir Matua Harahap (Pembimbing/Promotor) - ; Nissa Ghulma Ratnasari (Penguji) - ; Ulian Taurin Malik (Penguji) - ;

Penggunaan strategi marketing pada sektor publik tidaklah semasif pada sektor swasta. Namun saat ini sektor publik sudah banyak menerapkan prinsip-prinsip dan strategi marketing terutama melalui sosial media untuk meningkatkan komunikasi dan hubungannya dengan masyarakat sehingga tercipta brand awareness, brand image, dan brand loyalty terhadap institusi publik seperti Kementerian Keuangan. Namun, dalam literatur, masih sangat terbatas penelitian yang melihat efektivitas penggunaan sosial media pada strategi marketing di sektor publik seperti pemerintah. Oleh karena itu skripsi ini meneliti mengenai pengaruh dari aktivitas pemasaran media sosial (SMM) yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia terhadap kesadaran merek (brand awareness), citra merek (brand image), dan loyalitas merek (brand loyalty) masyarakat terhadap Kementerian Keuangan. Dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) terhadap 344 data responden, ditemukan bahwa aktivitas pemasaran media sosial yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui platform Instagram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek (brand awareness), citra merek (brand image), dan loyalitas merek (brand loyalty) dari masyarakat terhadap Kementerian Keuangan. Selanjutnya, kesadaran merek masyarakat terhadap Kementerian Keuangan memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap citra merek Kementerian Keuangan dan citra merek Kementerian Keuangan di masyarakat memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap loyalitas merek masyarakat terhadap Kementerian Keuangan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 16015PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekMarketing
Brand loyalty
Social media
Public sector
Brand image
Brand awareness
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisik130 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?