Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH TANGGUNG JAWAB
SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP
KINERJA SAHAM PADA
PERUSAHAAN MERGER DAN
AKUISISI
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025

Tesis

Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Kinerja Saham pada Perusahaan Merger dan Akuisisi

The Effect of Corporate Social Responsibility on Stock Performance in Merger and Acquisition Companies

Zahratul Aini - ; Ratna Wardhani (Pembimbing/Promotor) - ; Luluk Widyawati (Penguji) - ; Panggah Tri Wicaksono (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja saham jangka pendek dan jangka panjang perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi (M&A) di kawasan Asia Tenggara. Metode yang digunakan adalah analisis event study untuk mengamati respon pasar terhadap pengaruh CSR terhadap pengumuman terkait M&A. Pengukuran kinerja saham jangka pendek menggunakan Cumulative Abnormal Return (CAR) dan pengukuran kinerja saham jangka panjang menggunakan Buy and Hold Abnormal Return (BHAR), yang terdiri dari sampel 240 transaksi M&A selama periode 2017-2023 di perusahaan Asia Tenggara. Secara spesifik, analisis event study dan regresi pada penelitian di Asia Tenggara memberikan bukti bahwa CSR memberikan pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja saham jangka pendek (CAR) pada event window model 3.1.2, namun tidak berpengaruh signifikan pada event window lainnya. Hasil pengujian juga berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja saham jangka panjang (BHAR) pada model 3.2.2 dan 3.2.3, namun tidak berpengaruh signifikan pada event window lainnya. Hal ini mengindikasikan bahwa pasar tidak boleh merespons CSR secara positif dalam konteks M&A, bahkan menilai CSR sebagai beban atau aktivitas yang tidak langsung meningkatkan nilai perusahaan dalam jangka panjang. Temuan ini memberikan implikasi dalam konteks M&A di Asia Tenggara bahwa CSR cenderung belum dipersepsikan pasar sebagai faktor strategis yang menciptakan nilai tambah, melainkan masih dipandang sebagai beban biaya atau aktivitas non-finansial.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 216/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekSoutheast Asia
CSR
Stock performance
M&A
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 71 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?