Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
STUDI CUSTOMER VALUE
CO-CREATION DI DALAM BRAND
COMMUNITY: PERSPEKTIF
SERVICE LOGIC
DISERTASI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Disertasi

Studi Customer Value Co-Creation di Dalam Brand Community: Perspektif Service Logic

A Service Logic Approach to Customer Value Co-Creation in Brand Community

Rae Secioria - ; Adi Zakaria Afiff (Pembimbing/Promotor) - ; Irwan Adi Ekaputra (Penguji) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (CoPromotor) - ; Ignatius Heruwasto (Penguji) - ; Tengku Ezni Balqiah (Penguji) - ; M. Gunawan Alif (CoPromotor - ; Whony Rofianto (Penguji) - ;

New product development (NPD) sangat penting bagi perusahaan agar bisnis tetap kompetitif. Perusahaan dapat mengembangkan produk dengan memanfaatkan keterampilan dan wawasan brand community, yang memahami kekuatan dan kelemahan produk serta dapat memberikan umpan balik yang berharga untuk pengembangan produk. Penelitian ini mengkaji kesediaan konsumen untuk berinteraksi langsung dalam menciptakan nilai bersama (customer value co-creation) didalam pengembangan produk pada tahap idea generation. Studi ini juga menyelidiki potensi peningkatan customer value co-creation dengan mengintegrasikan direct interaction dan indirect interaction dalam konteks brand community, dengan menggunakan teori service logic. Penelitian ini menggunakan pendekatan empiris, dan kuesioner online digunakan untuk mengumpulkan data survei dari 428 anggota brand community Polygon dan 410 anggota brand community Vespa. Data yang terkumpul dianalisis dengan SEM Lisrel. Studi ini menunjukkan bahwa brand community experience memainkan peran mediasi dalam meningkatkan customer brand engagement dan customer value co-creation. Dengan memahami bagaimana anggota komunitas menciptakan nilai dengan konsumen lain memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan memfasilitasi sumber daya dalam proses value co-creation sehingga meningkatkan daya saing dan consumer value. Studi ini memberikan kontribusi terhadap literatur yang ada mengenai teori service logic, khususnya customer value co-creation dalam konteks brand community, yang jarang dieksplorasi secara empiris dalam studi akademis.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
D 628PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekIdea generation
Brand community experience
Service logic theory
Customer value co-creation
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 303 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikDisertasi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?