Text
Memahami bisnis bank syariah : modul sertifikasi tingat I : general banking syariah
Bisnis perbankan syariah yang saat ini sedang trending dan tumbuh dengan pesat membuat Ikatan Bankir Indonesia (IBI) menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Memahami Bisnis Bank Syariah”. Pada buku tersebut, membahas mengenai informasi yang lengkap mengenai pengelolaan bisnis bank syariah yang dapat dijadikan sebagai pedoman atau panduan bagi setiap perbankan syariah ataupun perseorangan yang ingin mengikuti trend syariah. Terdapat 15 bab pada buku tersebut. Bab pertama membahas mengenai perbankan syariah yang terdiri dari definisi, sejarah, tujuan, fungsi, unsur hukum atau berdasarkan pada dalil hadist nabi ataupun al-qur’an. Pada bab kedua membahas mengenai komunikasi di tempat kerja yang mana terdiri dari gambaran, tujuan, prinsip, manfaat, dan konteks dalam berkomunikasi. Pada bab atau bagian ketiga yakni produk, jasa, investasi, bancassurance, wealth, dan management atau singkatnya yakni produk dana dan jasa perbankan yang menjelaskan mengenai gambaran, tujuan, produk dana, instrumen pembayaran, metode hitungan pembagian hasi, bahkan membahas mengenai letter of credit dari ekspor syariah. Pada bab keempat mengenai pasar uang, pasar modal, dan investasi. Pada bab tersebut sebagian besar membahas mengenai transaksi jual beli saham atau modal termasuk fasilitas simpan pinjam. Pada bab kelima, membahas mengenai bancassurance & wealth management. Yakni aktifitas pemasaran produk asuransi yaitu pengelolaan harta atau kekayaan. Pada bab keenam, yakni membahas mengenai konsep dasar pembiayaan meliputi prinsip, jenis, dan akadnya. Selain itu, terdapat pula aspek dan analisis yang membahas pembagian secara jelas mengenai pemasaran maupun dari hasil akifitas jual beli tersebut. Pada bab 7 membahas mengenai treasury. Yakni pengelolaan aset syariah yang dilakukan oleh unit kerja khusus. Bab ke 8 mengenai prinsip akuntasi perbankan. Bab 9 membahas mengenai standar layanan yang membahas aspek intern dan ekstern yang terdapat pada perbankan syariah. Pada bab ke-10 yakni marketing sales yang membahas mengenai strategi pemasaran yang kompetitif, yang berbasis syariah. Bab ke-11 membahas mengenai teknologi informasi yang digunakan sebagai faktor pendukung aktifitas bisnis perbankan syariah. Bab 12 yakni manajemen resiko yang terdapat pada bisnis perbankan syariah. Bab 13 yakni kepatuhan, atau mengikuti peraturan yang ada pada perbankan syariah bagi nasabah atau termasuk kepada pekerja di perbankan syariah tersebut. Bab 14 yakni audit atau perhitungan mengenai aktivitas yang ada di dalam perbankan syariah tersebut oleh auditor dari luar yakni Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. Pada bab 15 yakni hukum perbankan membahas mengenai beberapa prinsip syariah yang ada sesuai undang-undang yang telah ditetapkan.
Kelebihan yang tedapat pada buku tersebut adalah pembahasan yang sangat mendetail dari penjelasan yang berpedoman pada dalil atau hadist nabi dan juga al-qur’an. Kekurangan yang terdapat pada buku tersebut adalah terdapat penjelasan yang sepertinya kurang penting untuk ditulis seperti masalah rahasia bank dan sejenisnya.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
332.1 IKA m | PSB lt.1 - B. Penunjang | 3 |
Penerbit | Jakarta Gramedia pustaka Utama., 2014 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Business Islam Banks and banking Islamic banking Sharia |
ISBN/ISSN | 9786020306865 |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | [vii], 424 p. : il. ; 23 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |