Text
Pengaruh servant leadership terhadap kepuasan kerja karyawan Kantor Pelayanan Pajak di Jakarta
Kepuasan kerja merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Jakarta karena dapat memberikan dampak kepada prestasi kerja karyawan. Mempengaruhi kepuasan kerja dapat diartikan sebagai tindakan mempengaruhi perilaku karyawan untuk meningkatkan prestasi kerja mereka. Secara teoritis, kepemimpinan merupakan faktor penting yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Terkait dengan hal ini, sesuai dengan sasaran reformasi birokrasi berupa peningkatan pelayanan publik, maka pemimpin yang dibutuhkan oleh KPP di Jakarta saat ini adalah pemimpin yang dapat memberikan teladan dalam melayani orang lain. Gaya kepemimpinan yang fokus dalam melayani orang lain terutama bawahan adalah servant leadership. Melalui keteladanan dalam melayani orang lain, pemimpin servant berusaha menciptakan bawahan yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk melayani orang lain. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh servant leadership terhadap kepuasan kerja karyawan Kantor Pelayanan Pajak di Jakarta. Responden penelitian ini berjumlah sebanyak 438 orang yang berasal dari 12 KPP di Jakarta. Instrumen pengukuran servant leadership yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adaptasi dan kombinasi dari servant leadership questionnaire yang dikembangkan oleh Ehrhart (2004) dan Liden et al. (2008). Sedangkan instrumen pengukuran kepuasan kerja yang digunakan merupakan adaptasi dari job satisfaction survey Spector (1997). Hasil penelitian membuktikan bahwa servant leadership memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap setiap dimensi kepuasan kerja karyawan KPP di Jakarta. Berperilaku etis dan menciptakan nilai bagi orang lain di luar organisasi merupakan dimensi servant leadership yang paling banyak mempengaruhi dimensi kepuasan kerja karyawan. Hal ini membuktikan bahwa keteladanan atasan melalui perilaku etis dibutuhkan bawahan untuk mensukseskan program reformasi birokrasi yang fokus pada perbaikan pelayanan kepada wajib pajak.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 022/13 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2013 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Personnel Management Job satisfaction Leadership Human resource management Tax officers Servant leadership |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiv, 140 p. : diagr. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |