Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilih muda dalam menentukan pilihan partai politik : sudut pandang pemasaran politik

Nurdin Sobari (Pembimbing/Promotor) - ; Gusti Reza Prawiranegara - ;

Lanskap perpolitikan di Indonesia semakin berkembang. Jumlah pemilih muda yang besar dan tingginya angka swing voters untuk mengahadapi Pemilihan Umum 2014 membawa partai politik concern untuk mengejar suara ke dalam wilayah pemilih muda. Sistem persaingan sempurna dalam sistem kepartaian yang dianut oleh Indonesia memaksa setiap partai politik untuk menonjolkan faktor-faktor yang membuat pemilih muda tertarik untuk menjatuhkan pilihannya. Penelitian ini mencoba mengungkapkan faktor-faktor pembentuk ketertarikan pemilih muda melalui ketokohan, hubungan emosional, platform partai, citra partai, dan ideologi partai, serta bagaimana ketertarikan tersebut berpengaruh pada niat untuk memilih partai politik. Fokus penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh faktor-faktor di atas terhadap pemilih muda di DKI Jakarta dan Yogyakarta. Sampel penelitian berjumlah 165 responden yang terdiri dari Mahasiswa Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan dianalisis dengan software LISREL 8.7 untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara ketokohan dan hubungan emosional dengan sikap terhadap tokoh, platform dan ideologi partai dengan sikap terhadap partai, serta sikap terhadap tokoh dan sikap terhadap partai dengan niat untuk memilih partai. Sedangkan citra partai berpengaruh secara negatif terhadap niat untuk memilih partai politik.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 289/13PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi 2013
Edisi-
SubjekMarketing
Political marketing
Political parties
Young voters
General election
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxv, 149 p. : il, ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?