Text
Analisis hubungan delapan komponen standar nasional pendidikan dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa
Pendidikan menjadi sarana strategis dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia dan seringkali dijadikan sebagai salah satu tolok ukur bagi tingkat kemajuan suatu bangsa. Prestasi belajar peserta didik merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan menetapkan Standar Nasional Pendidikan yang mengatur kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan masing-masing komponen dalam standar nasional pendidikan serta pengaruh antara capaian standar nasional pendidikan dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model kausalitas atau hubungan pengaruh untuk menguji hipotesis yang diajukan maka teknik analisis yang dipakai adalah SEM (Structural Equation Modelling). Hasil dari penelitian ini adalah seluruh variabel input yaitu Standar Isi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, dan Standar Pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap seluruh variabel proses yaitu Standar Proses, Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan. Pada ranah output, seluruh variabel proses yaitu Standar Proses, Standar Penilaian dan Standar Pengelolaan berpengaruh signifikan terhadap Standar Kompetensi Lulusan. Sedangkan Standar Proses dan Standar Penilaian berpengaruh signifikan terhadap Prestasi belajar Siswa, dan Standar Pengelolaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi belajar Siswa. Jika dilihat dari pengaruh langsung antara komponen pada ranah input terhadap prestasi belajar siswa maka pengaruh terbesar yaitu Standar Isi melalui Standar Proses dengan besar pengaruh sebesar 0,070.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 297/18 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis U., 2018 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Education Study and teaching Academic achievement Education standard |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | x, 114 p., 41 p. : il. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |