Text
Etika janji pada service marketing triangle dan dampaknya terhadap nilai dan intensi pelanggan jasa pendidikan : studi pada Program MM di 5 kota
Pada tiga jenis pemasaran dalam sen?ice marketing triangle terdapat aktivitas yang terkait dengan janji. Dalam ha! ini janji merupakan konsep yang didasari teori aspek etika dan moral. Perkembangan konsep service marketing triangle, Bitner , Brown & Meuter (2000) telah mengikutsertakan dan menggali peranan unsur teknologi sebagai bagian dalam serrice encounter (pemasaran interaktif). namun demikian aspek etika belum dibahas terkait dengan konsep tersebut. Penelitian ini berupaya mengungkap peranan etika dalam konteks service marketing triangle (membuat janji , memungkinkan janji dan menjaga janji) dan dampaknya terhadap nilai serta intensi perilaku pelanggan jasa pendidikan . Di samping itu penelitian ini berupaya melengkapi kajian teori umum etika pemasaran dengan meninjau dampak perilaku yang dilandasi pertimbangan etis terhadap konsekuensi aktual. Penelitian dilakukan dalam dua studi yaitu studi eksplorasi dan studi utama. Studi eksplorasi dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan studi utama dilakukan dengan menerapkan metode survey. Penelitian dilakukan terhadap Program Magister Manajemen yang memiliki reputasi baik di 5 Kota (Jakarta, Bandung, Yogyakarta. Salatiga dan Surabaya) dengan responden mahasiswa MM yang telah menempuh pendidikan lebih dari 50% serta berstatus karyawan atau telah bekerja. Teknik pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SPSS Versi 17.0 dan LISREL Versi 8.70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek etika berperan dalam pembuatan janji, memungkinkan janji dan menjaga janji. Selanjutnya se rvice encounter dan implementasi etika dalam konteks menjaga janji berpengaruh terhadap pencapaian nilai pelanggan jasa pendidikan yang mencakup nilai fungsionaL nilai ekonomi, nilai emosional, nilai sosial dan nilai psikologis baik langsung maupun tidak langsung. Nilai pelanggan jasa pendidikan tersebut selanjutnya merupakan anteseden bagi intens i perilaku pelanggan jasa pendidikan yaitu berupa positive Word of Mouth (WOM). lmplikasi basil penelitian diarahkan pada pengembangan s trategi dalam konteks service marketing triangle dengan merujuk pada aspek etika. teori umum etika pemasaran , nilai pelanggan jasa pendidikan dan implikasi manajerial dalam pengelolaan program MM.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
D 300 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2010 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer behaviour Service marketing Education Consumer value Structural Equation Modelling Consumer intention |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiv, 232 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |