Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Etika janji pada service marketing triangle dan dampaknya terhadap nilai dan intensi pelanggan jasa pendidikan : studi pada Program MM di 5 kota

Taufani C. Kurniatun - ;

Pada tiga jenis pemasaran dalam sen?ice marketing triangle terdapat aktivitas yang terkait dengan janji. Dalam ha! ini janji merupakan konsep yang didasari teori aspek etika dan moral. Perkembangan konsep service marketing triangle, Bitner , Brown & Meuter (2000) telah mengikutsertakan dan menggali peranan unsur teknologi sebagai bagian dalam serrice encounter (pemasaran interaktif). namun demikian aspek etika belum dibahas terkait dengan konsep tersebut. Penelitian ini berupaya mengungkap peranan etika dalam konteks service marketing triangle (membuat janji , memungkinkan janji dan menjaga janji) dan dampaknya terhadap nilai serta intensi perilaku pelanggan jasa pendidikan . Di samping itu penelitian ini berupaya melengkapi kajian teori umum etika pemasaran dengan meninjau dampak perilaku yang dilandasi pertimbangan etis terhadap konsekuensi aktual. Penelitian dilakukan dalam dua studi yaitu studi eksplorasi dan studi utama. Studi eksplorasi dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan studi utama dilakukan dengan menerapkan metode survey. Penelitian dilakukan terhadap Program Magister Manajemen yang memiliki reputasi baik di 5 Kota (Jakarta, Bandung, Yogyakarta. Salatiga dan Surabaya) dengan responden mahasiswa MM yang telah menempuh pendidikan lebih dari 50% serta berstatus karyawan atau telah bekerja. Teknik pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SPSS Versi 17.0 dan LISREL Versi 8.70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek etika berperan dalam pembuatan janji, memungkinkan janji dan menjaga janji. Selanjutnya se rvice encounter dan implementasi etika dalam konteks menjaga janji berpengaruh terhadap pencapaian nilai pelanggan jasa pendidikan yang mencakup nilai fungsionaL nilai ekonomi, nilai emosional, nilai sosial dan nilai psikologis baik langsung maupun tidak langsung. Nilai pelanggan jasa pendidikan tersebut selanjutnya merupakan anteseden bagi intens i perilaku pelanggan jasa pendidikan yaitu berupa positive Word of Mouth (WOM). lmplikasi basil penelitian diarahkan pada pengembangan s trategi dalam konteks service marketing triangle dengan merujuk pada aspek etika. teori umum etika pemasaran , nilai pelanggan jasa pendidikan dan implikasi manajerial dalam pengelolaan program MM.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
D 300PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2010
Edisi-
SubjekConsumer behaviour
Service marketing
Education
Consumer value
Structural Equation Modelling
Consumer intention
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 232 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?