Text
Pengaruh sense of community terhadap intensi kastemisasi sepeda motor : sebuah studi pada anggota komunitas merek sepeda motor
Pandangan mutakhir pemasaran menganggap konsumen dianggap sebagai pencipta nilai, selain pemakai nilai. Kumpulan konsumen merupakan sumberdaya sosial bagi individu untuk penciptaan nilai. Indikator peran kumpulan konsumen sebagai sumberdaya sosial bagi individu adalah sense of community. Konsep inilah yang menggerakkan individu untuk menciptakan status sosial dalam komunitasnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh sense of community terhadap penciptaan ~ berupa kastemisasi sepeda motor, pada kalangan anggota-anggota komunitas merek sepeda motor. Lebih jelasnya, penelitian ini mempejari bagaimana pengaruh sense of community terhadap intensi partisipasi komunitas, pengaruh intensi partisipasi komunitas terhadap harapan basil perilaku fungsional dan keluaran simbolik dari kastemisasi sepeda motor, pengaruh harapan basil perilaku fungsional dan simbolik terhadap intensi kastemisasi sepeda motor dan antisipasi emosi positif dan pengaruh antisipasi emosi positif terhadap intensi kastemisasi sepeda motor. Ada tiga teori dasar yang digunakan, yaitu service dominant logic, social identity theory, dan goal-directed behavior. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif karena pada dasarnya dimaksudkan untuk menjelaskan suatu fenomena. Penjelasan tersebut dilakukan secara formal, sebuah studi komunikasi dan bersifat single-cross sectional design, karena pengambilan data dilakukan satu kali. Data yang dikumpulkan dengan kuesioner berskala tipe Likert, dianalisis menggunakan structural equation modeling. Hasil penelitian mengonfirmasi bahwa sense of community, khususnya reinforcement of need dan shared-emotional connection, berpengaruh terhadap intensi partisipasi komunitas. Intensi partisipasi komunitas berpengaruh pada harapan keluaran simbolik. Pengaruh harapan basil perilaku simbolik terhadap intensi tingkat kastemisasi sepeda motor dan terhadap kualitas intensi kastemisasi sepeda motor memperoleh cukup bukti. Pengaruh antisipasi emosi positif hanya terbukti pada kualitas intense kastemisasi sepeda motor. Penelitian ini mengusulkan agar produsen sparepart dan asesoris modifikasi menonjolkan aspek simbolis, setelah aspek fungsional terpenuhi. Penelitian mendatang disarankan untuk mempelajari pengaruh psychological sense of brand community terhadap perilaku penciptaan nilaiAda tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
D 303 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2011 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Brands Community participation Sense of community Brand community Motorcycle |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xx, 275 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |