Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Kapabilitas organisasi sebagai anteseden proses inovasi produk serta implikasinya terhadap kinerja pemasaran : studi pada UMKM Batik di Jawa dari perspektif pemasaran entrepreneurial

Masmira Kurniawati - ;

Dewasa ini berkembang pemikiran mengenai pemasaran e ntrepreneurial dikarenakan pentingnya makna kewirausahaan dalam perekonomian negara. Pemasaran e ntrepr e n e urial adalah adaptasi teori pemasaran untuk disesuaikan dengan kebutuhan khusus usaha berskala kecil. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lazimnya memiliki keterbatasan sumber daya dan rendahnya kemampuan manajerial pemilik. Sedangkan tantangan yang dihadapi oleh UMKM saat ini pada umumnya meliputi kondisi persaingan yang ketat dan lingkungan yang berubah dengan cepat. Untuk itu para pengusaha ini memerlukan kemampuan mengeskploitasi dan mengembangkan kapabilitas internal dan eksternal yang dimilikinya agar perusahaan memiliki keunggulan bersaing. Pengetahuan yang terkandung pada kapabilitas organisasi ini memerlukan mekanisme untuk menjadikannya pengetahuan organisasi sehingga dimanfaatkan untuk kegiatan inovasi produk baru yang kemudian diharapkan dapat berkontribusi secara positif pada kinerja pemasaran. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kapabilitas organisasi dan proses integrasi mekanisme penciptaan pengetahuan terhadap inovasi produk barn pada UMKM Batik di Jawa dalam mencapai kinerja pemasaran yang unggul. Data diperoleh melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 344 pengusaha batik di Jawa Timur, Solo, Y ogyakarta, Pekalongan, dan Cirebon. Teknik analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kapabilitas internal dan eksternal organisasi berpengaruh terhadap proses inovasi produk dengan dimoderasi oleh proses integrasi mekanisme penciptaan pengetahuan, proses integrasi mekanisme penciptaan pengetahuan bepengaruh tidak secara signifikan terhadap proses inovasi produk baru, dan proses inovasi produk baru berpengaruh terhadap kinerja pemasaran perusahaan. Implikasi teoritik dan manjerial disampaikan berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
D 317PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2012
Edisi-
SubjekMarketing
Entrepreneurs
Batik
Organizational capability
Entrepreneurial marketing
Product innovation process
Marketing performance
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 268 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?