Text
Kapabilitas organisasi sebagai anteseden proses inovasi produk serta implikasinya terhadap kinerja pemasaran : studi pada UMKM Batik di Jawa dari perspektif pemasaran entrepreneurial
Dewasa ini berkembang pemikiran mengenai pemasaran e ntrepreneurial dikarenakan pentingnya makna kewirausahaan dalam perekonomian negara. Pemasaran e ntrepr e n e urial adalah adaptasi teori pemasaran untuk disesuaikan dengan kebutuhan khusus usaha berskala kecil. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lazimnya memiliki keterbatasan sumber daya dan rendahnya kemampuan manajerial pemilik. Sedangkan tantangan yang dihadapi oleh UMKM saat ini pada umumnya meliputi kondisi persaingan yang ketat dan lingkungan yang berubah dengan cepat. Untuk itu para pengusaha ini memerlukan kemampuan mengeskploitasi dan mengembangkan kapabilitas internal dan eksternal yang dimilikinya agar perusahaan memiliki keunggulan bersaing. Pengetahuan yang terkandung pada kapabilitas organisasi ini memerlukan mekanisme untuk menjadikannya pengetahuan organisasi sehingga dimanfaatkan untuk kegiatan inovasi produk baru yang kemudian diharapkan dapat berkontribusi secara positif pada kinerja pemasaran. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kapabilitas organisasi dan proses integrasi mekanisme penciptaan pengetahuan terhadap inovasi produk barn pada UMKM Batik di Jawa dalam mencapai kinerja pemasaran yang unggul. Data diperoleh melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 344 pengusaha batik di Jawa Timur, Solo, Y ogyakarta, Pekalongan, dan Cirebon. Teknik analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kapabilitas internal dan eksternal organisasi berpengaruh terhadap proses inovasi produk dengan dimoderasi oleh proses integrasi mekanisme penciptaan pengetahuan, proses integrasi mekanisme penciptaan pengetahuan bepengaruh tidak secara signifikan terhadap proses inovasi produk baru, dan proses inovasi produk baru berpengaruh terhadap kinerja pemasaran perusahaan. Implikasi teoritik dan manjerial disampaikan berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
D 317 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2012 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Entrepreneurs Batik Organizational capability Entrepreneurial marketing Product innovation process Marketing performance |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiv, 268 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |