Text
Peran konteks internal terhadap proses inovasi manajemen dan pengaruhnya pada kinerja perusahaan (Studi kasus pada Perusahaan di industri media Penyiaran Televisi
Pene litian ini bertujuan untuk m e ne liti p eran konteks internal terhadap proses inovasi m a najemen dan pengaruhnya pada kiner ja p e ru sa haan. Konteks internal organisasi diteliti d ari b e be rapa variabel yang terdi1i d a ri e nacted envir onmen t , kepemimpinan ino vasi, s trategi bi sn i s, disai n organisasi, d a n kapabilitas organisasi. Penelitian ini berargumen bahwa proses inov as i manajemen dapat memberikan p e ngaruh kep a da kinerja perusahaan dengan dukungan peran konteks internal organisasi dengan menggunakan konsep dan kerangka kerja inovasi manajemen yang dikembangkan oleh Birkinshaw , Hamel dan Mo! (2008) dan inovasi manajemen dipercaya akan meningkatkan kinerja perusahaan dan menciptakan keunggulan sumber daya saing. Penelitian ini merupakan penelitian level organisasional dan menguji hipotesisnya pada salah satu perusahaan media penyiaran televisi n as ional di Indonesia dengan menggunakan teknik se que ntial equitation m et hodolo gy (SEM) . Selain itu penelitian ini juga menggunakan analisis kualitatif melaluiforum group discussion (FGD) dan wawancara kepada pihak eksternal. Kontribusi penelitian ini adalah menjelaskan fenomena proses inova s i manajemen yang terjadi di perusahaan yang memiliki two sided market serta peningkatan salah satu kinerjanya yang belum beriringan di Indonesia. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa proses i novasi manajemen berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan dan konteks internal organisasi e na cted e nvironment, kepemimpinan dan kapabilitas organisasi berperan dan memberikan pengaruh positif terhadap proses inovasi manajemen , namun konteks internal strategi bisnis dan disain organisasi terbukti belum memberikan pengaruh yang positif terhadap proses inovasi manajemen di unit analisis penelitian ini. Berdasarkan telaah lebih l a njut melalui FGD, interview dengan pihak eksternal serta tinjauan pustaka lebih lanjut , ditemukan bahwa faktor korporat memiliki peran atas pengaruh konteks internal organisasi terhadap proses inovasi manajemen . Pada penelitian ini diduga bahwa faktor korporat menjadi penghambat peran konteks internal organisasi strategi bisnis dan disain organisasi terhadap keberlan gs ungan proses inovasi manajemen di dalam unit an a lisis penelitian, se hingga belum memberikan dampak optimal pada peningkatan dua kinerja peru sa haan two sided market secara beririn g anAda tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
D 341 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2013 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Leadership Company performance Business strategy Organizational design Organizational capability Management innovation Internal organization |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xv, 426 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |