Text
Pengaruh dukungan regulasi, tingkat kompetisi, pengalaman dan budaya organisasi terhadap absorptive caputal dalam mencapai kinerja inovasi dan keunggulan kompetitif : studi di industri perbankan Indonesia
Keunggulan daya saing (competitive advantage) merupakan jantung dari kinerja perusahaan dalam pasar yang kompetitif (Porter, 1985). Agar daya saing terjaga, perusahaan perlu memiliki kinerja inovasi yang baik (Chen et al, 2009). Inovasi bisa bersumber dari internal maupun ekstemal, namun lebih dominan dari ekstemal (Ramadani dan Gerguri, 2011 ). Perusahaan membutuhkan Absorptive capacity (ACAP), yang merupakan kapabilitas perusahaan untuk mendayagunakan pengetahuan dan informasi dari ekstemal tersebut. Salah satu faktor yang belum pemah diteliti adalah dukungan regulasi. Dukungan regulasi akan diuji bersama-sama dengan tiga faktor lainnya yang belum pernah diuji secara bersama-sama, yaitu tingkat kompetisi, pengalaman dan budaya organisasi. Penelitian dilakukan di industri perbankan di Indonesia, sebuah industri yang banyak diatur (Edward, 1977), selaras dengan konstruk dukungan regulasi. Analisa terhadap 49 bank partisipan dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling berbasis varian. Hasil uji model menunjukkan pengaruh positif budaya organisasi, dukungan regulasi dan pengalaman terhadap ACAP, sementara tingkat kompetisi tidak mempengaruhi ACAP secara signifikan. Penelitian juga membuktikan pengaruh positif ACAP terhadap kinerja inovasi dan kinerja inovasi terhadap keunggulan kompetitif. ACAP tidak mempengaruhi keunggulan kompetitif secara langsung, namun melalui kinerja inovasi. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis utama yakni dibuktikannya secara empiris pengaruh dukungan regulasi terhadap ACAP. Penelitian ini juga memperkaya metodologi penelitian-penelitian ACAP yang telah dilakukan sebelumnya. Terdapat beberapa peluang untuk penelitian mendatang, misalnya dengan memperluas penggunaan regulasi dan mempelajari peran faktor internal dibandingkan faktor ekstemal terhadap ACAP. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
D 342 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2013 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Company performance Competitive advantage Organizational culture Banking industry Inovation performance Regulatory support |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 291 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |