Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

The effect of dynamic managerial capabilities in creating corporate entrepreneurship and firm's performance : an evidence from Indonesian Newspaper Industry

Budi Widjaja Soetjipto (Pembimbing/Promotor) - ; Muhammad Ridwan Arif - ;

Dise1iasi ini membahas sejauh mana kemarnpuan manajerial dinarnis (dynamic managerial capabilities) menentukan corporate entrepreneurship dan kemudian kinerja perusahaan. Seratus tiga puluh sembilan pirnpinan perusahaan dan pimpinan redaksi pada kelompok Jawa Pos Group, grup perusahaan penerbit surat kabar local terbesar di Indonesia, berpartisipasi pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja kernampuan dinamis (dynamic capabilities) yang bersifat integrative dan rnernperluas kerangka ke1ja dynamic managerial capabilities yang dikembangkan oleh Adner dan Helfat (2003), serta mengakomodasi konsep manajemen surnber daya rnanusia (Sirmon dan Hitt, 2009; Sirnsek dan Heavey, 2011). Penelitian ini mengemukakan temuan bahwa elernen dynamic managerial capabilities (managerial human capital diukur dengan menggunakan praktek manajernen talent; dan managerial cognition diukur dengan menggunakan persepsi rnanajer terhadap lingkungan) rnempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap corporate entrepreneurship, dan kernudian hal tersebut mempengauhi secara positif dan signifikan kinerja perusahaan. Persepsi rnanajer terhadap lingkungan yang akurat rnernperlihakan faktor yang paling dorninan untuk irnplementasi aktifitas antrepreneurial pada konteks industri surat kabar. Selain itu, penerapan praktek manajernen talent yang efektif menentukan tingkat aktifitas entrepreneurial didalarn perusahaan. Elemen dynamic managerial capabilities lainya yaitu managerial social capital menunjukkan pengaruh positif, namun tidak signifikan, terhadap aktifitas entreprenruial. Hal ini mengkonfinnasi bahwa social capital adalah penting untuk aktifitas entrepreneurial didalarn organisasi surat kabar, namun diperlukan beberapa faktor penentu, seperti kualitas hubungan ( dirnensi relational dan dimensi kognitif) dan jenis hubungan. Keterbatasan penelitian ini juga teridentifikasi sebagai peluang dalam pengembangan penelitian dimasa depan. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
D 344PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2013
Edisi-
SubjekStrategic management
Company performance
Managers
Entrepreneurship
Newspaper industry
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikx, 241 p. : il. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?