Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Kajian empiris pengaruh komunikasi, budaya organisasi, dukungan manajemen dan environmental scanning terhadap intrapreneurship dan kinerja : studi perusahaan ritel di Indonesia

Adi Zakaria Afif (Pembimbing/Promotor) - ; Indrawana Widjaja - ;

Penelitian im mengkaji persepsi manager ritel yang berorientasi intrapreneurship atas pengaruh kualitas komunikasi, budaya organisasi, dukungan manajemen, dan environmental scanning terhadap kinerja ritel. Penelitian ini melibatkan sampel 393 manager gerai pada kelompok usaha Mitra Adiperkasa (MAP) yang beroperasi di lima wilayah/kota besar di Indonesia. Metode penelitian melalui survey lapangan, yang selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dengan SPSS, dan secara analitikal dengan menggunakan perangkat lunak Structural Equation Modeling (SEM) dengan program Lisrel 8.8, untuk pengukuran faktor konfirmatori maupun pengujian model struktural. Temuan penelitian menunjukkan: 1) variabel komunikasi tak berpengaruh terhadap kinerja gerai melalui intrapreneurship sebagai variabel intervening; 2) budaya organisasi, dukungan manajemen, dan environmental scanning berpengaruh positif terhadap kinerja gerai melalui penerapan konsep intrapreneurship; 3) intrapreneurship dalam gerai ritel terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja gerai. Keterbatasan dalam penelitian ini: a) gerai ritel yang diteliti hanya meliputi lima daerah operasional di Indonesia; b) sampel format gerai belum mewakili seluruh format ritel yang ada; c) seluruh responden berasal dari satu kelompok corporate retail yang sama. Implikasi teoritis pada studi bisnis ritel ini adalah resource based view yang memiliki karakteristik VRIN dan adaptasi kapabilitas terhadap perubahan lingkungan, merupakan sumber keunggulan bersaing berkelanjutan untuk mendukung aktivitas intrapreneurs dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Sedangkan implikasi manajerial meliputi: mere-orientasi kegiatan komunikasi untuk memotivasi kreativitas dan inovasi; memperkuat budaya organisasi dalam merespon pada perubahan keinginan konsumen; meningkatkan pengakaran intraprenenurs pada para manager dan karyawan; melakukan scanning lingkungan secara jeli guna meningkatkan kepekaan terhadap ketidakpastian lingkungan bisnis. Intinya, pencermatan pada perubahan lingkungan yang cepat dan adaptasi yang kreatif pada sumber daya internal merupakan landasan bagi pertumbuhan perusahaan ritelAda tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
D 349PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2013
Edisi-
SubjekPerformance
Communication
Managers
Entrepreneurship
Organizational culture
Retailing management
Management support
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 288 p. : il. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?