Text
Perbedaan pengaruh penggunaan positive dan negative goal framing message pada iklan layanan masyarakat untuk menurunkan niat fatigue driving
Iklan layanan masyarakat (Public Service Announcement) belakangan ini marak digunakan instansi pemerintah sebagai salah satu media untuk meningkatkan kesadaran berkendara seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mencari perbedaan pengaruh iklan layanan masyarakat fatigue driving (mengemudi ketika lelah) dengan membandingkan penggunaan positive dengan negative goal framing message. Iklan layanan masyarakat yang memunculkan positive goal framing maupun negative goal framing message dapat mempengaruhi sistem afektif maupun kognitif yang selanjutnya akan berdampak terhadap niat untuk berkendara ketika lelah melalui sikap atas iklan (attitude toward advertising) dan sikap atas perilaku (attitude toward behavior) fatigue driving. Kuesioner yang telah disebarkan kepada partisipan yang mengemudikan sendiri kendaraannya diwilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, kemudian dianalisis menggunakan uji beda (t-test) dan regresi. Hasil dari penelitian ini ialah tidak terdapat perbedaan pengaruh positive maupun negative goal framing message terhadap sikap atas iklan. Selanjutnya, sikap atas iklan yang diberikan stimuli negative goal framing menghasilkan sikap atas perilaku mengemudi ketika lelah yang lebih rendah. Namun berikutnya, baik sikap atas perilaku yang telah diberi stimuli positive maupun negative goal framing message tidak ada yang berpengaruh lebih positif terhadap niat untuk mengemudi ketika lelah.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 351/13 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi., 2013 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Advertising Social marketing Public service announcement |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 163 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |