Text
Pengaruh orientasi pemasaran relasional terhadap loyalitas pelanggan dengan demografi sebagai variabel moderasi : (Studi kasus Pelanggan CV. XYZ)
Tesis ini membahas mengenai pengaruh moderasi variabel demografi terhadap hubungan orientasi pemasaran relasional dengan loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini digunakan construct orientasi pemasaran relasional sebagai suatu bangunan multi dimensional yang terdiri atas 5 komponen perilaku yakni : Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Keterikatan dan Kepuasan. Penelitian dilakukan di tahun 2012 dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Responden adalah para pelanggan dari CV. XYZ sebuah perusahaan jasa yang menjadi agen penjualan mesin-mesin produksi untuk industri makanan terutama untuk produk biskuit, usaha lain dari CV XYZ adalah pembuatan spareparts mesin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel demografi jenis kelamin memberikan efek moderasi terhadap hubungan orientasi pemasaran relasional dengan loyalitas pelanggan. Terdapat pengaruh interaksi pada variabel kepuasan dan loyalitas pelanggan. Sedangkan variabel pendidikan memberikan pengaruh moderasi main effect pada variabel kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian bisa digunakan sebagai acuan perusahaan dalam mengambil strategi pemasaran relasional dan juga sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 047/13 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2013 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer satisfaction Marketing strategy Consumer loyalty Marketing relationship |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 85 p., 42 p. : diagr. ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |