Text
Persaingan yang terjadi dalam industri jasa pelayanan telekomunikasi seluler saat ini sudah semakin ketat, hal ini juga seiring dengan pertumbuhan pasar pengguna jasa tersebut yang sangat pesat. Telkomsel adalah pemimpin pasar yang memiliki basis pelanggan terbanyak tentunya sangat berkepentingan untuk terus meraih posisi tersebut. Tulisan ini akan membahas strategi Telkomsel bagi pelanggan pasca bayar Kartu HALO untuk mengetahui tingkat kefektivitasan program retensi pelanggan dalam menarik pelanggan baru (yang pada akhirnya akan membawa peningkatan pendapatan bagi Telkomsel). Pembahasan ini difokuskan terhadap hubungan-hubungan antara kepuasan pelanggan atas pelayanan dan program retensi yang ditawarkan Telkomsel dengan loyalitas pelanggan, serta hubungan antara loyalitas tersebut dengan aktivitas pelanggan dalam menarik pelanggan baru. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif (dengan uji korelasi). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa loyalitas pelanggan akan mempengaruhi aktivitasnya dalam menarik pelanggan baru. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan HALO atas pelayanan customer service dan program customer care maupun terhadap pelayanan HALO secara keseluruhan sudah cukup baik, namun tidak mempengaruhi loyalitasnya (lama berlangganan). Hal ini mengindikasikan bahwa program retensi pelanggan (HALO) Telkomsel tidak efektif pengaruhnya dalam menarik pelanggan baru. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
4953 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Depatemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2004 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumers Tellecommunication |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xii, 76 p. : diagr. ; 28 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |