Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Riset segmentasi terhadap peserta wisata rohani Daarut Tauhiid di Jakarta Ario Surindro

Nurdin Sobari (Pembimbing/Promotor) - ; Surindro, Ario - ;

Fenomena kerinduan masyarakat perkotaan terhadap ketenangan batin telah menggulirkan popularitas Aa Gym dan pesantrennya, Daarut Tauhiid. Tiap pekan, ribuan orang dari seluruh Indonesia datang untuk berkunjung ke pesantren Daarut Tauhiid, Bandung. Diantaranya adalah rombongan ?Wisata Rohani? (WR) yang diberangkatkan oleh Daarut Tauhiid cabang Jakarta. Masyarakt kota terbesar di Indonesia ini memang senantiasa menjadi bidikan berbagai macam produk dari beragam perusahaan. Jika kita menganalogikan WR sebagai sebuah produk, maka kita perlu mengetahui siapa yang membeli produk tersebut. Penelitian ini mencoba melakukan segmentasi terhadap peserta WR tersebut, melihat lebih dalam terhadap profil mereka, dan mencoba memberikan saran untuk mempertajam kualitas jasa yang ditawarkan. Penelitian ini dimulai dengan pendahuluan dan diikuti dengan mendeskripsikan obyek penelitian yang mencakup Aa Gym sendiri, pesantren Daarut Tauhiid di Bandung, dan Daarut Tauhiid cabang Jakarta sebagai penyelenggara WR di Jakarta. Dengan menggunakan konsep segmentasi pemasaran berbasiskan psikografis gaya hidup, penelitian ini mencoba melakukan segmentasi terhadap para peserta WR. Lebih dari 160 kuesioner disebarkan kepada para peserta WR. Dalam proses analisisnya menggunakan analisis hierarchical cluster, discriminant, dan crosstabs. Pada akhirnya, dihasilkan tiga segmen yang signifikan. Ketiga segmen dari peserta WR dibedakan berdasarkan tiga dimensi, yaitu interest circle, life attitude, dan social activities. Namun, pada pemberian saran, produk WR dapat dikemas secara lebih menarik bagi ketiga segmen sekaligus tanpa terlalu banyak mengubah format produk itu sendiri. Hal ini sekaligus tidak menjaga citra dari seorang Aa Gym yang ?produk? dakwahnya sangat universal dan tidak terasa membeda-bedakan. Ada tabel.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
4970PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2004
Edisi-
SubjekMarketing research
Tour & travel
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiii, 94 p. diagr. 30 cm & lamp.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?