Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisa strategi positioning Radio Prambors berdasarkan persepsi pendengar radio anak muda di Jakarta

Nasution, Warwan Zafir Marendra - ;

Industri penyiaran adalah industri yang unik dan berbeda dengan industri lainnya. Pada industri ini konsumen yang menikmati produk yang dihasilkan oleh industri ini bukanlah pemberi kontribusi bagi pendapatan yang diterima perusahaan seperti layaknya industri manufaktur atau industri lainnya dimana konsumen yang menikmati produk adalah mereka yang membayar sejumlah tertentu untuk dapat menikmati produk tersebut dan itulah yang menjadi sumber pemasukan bagi perusahaan, sementara pada industri penyiaran konsumen tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk menikmati produk yang dihasilkan yang berupa program ? program acara, namun yang membayar semua itu adalah para pengiklan yaitu pihak ketiga yang ingin menawarkan produk dan jasa yang mereka hasilkan kepada audience dari industri penyiaran tersebut. Perusahaan-perusahaan yang bermain di dunia bisnis siaran radio swasta, yang tergolong dalam bisnis jasa, terbagi dalam beberapa kelompok berdasarkan segmen pendengar yang dilayaninya. Beda halnya dengan siaran televisi yang cenderung lebih program-driven, dunia siaran radio memiliki pembagian segmen pasar yang lebih spesifik dikarenakan kateristiknya yang format-driven sehingga harus menentukan satu buah format siaran untuk mengakomodir satu segmen tertentu. Dalam hal ini segmen anak muda dilayani oleh 4 radio sekaligus, mereka adalah Prambors 102,3FM, Mustang 100,5FM, MTV on Sky pada frekuensi 101,6FM dan yang merupakan pendatang termuda yaitu U FM di frekuensi 94,6FM. Hal ini menunjukkan bahwa pasar anak muda ini sangatlah menggiurkan secara bisnis dan layak diperebutkan. Tiap radio masing-masing memposisikan citranya dengan beda. Hal inilah yang menarik perhatian penulis untuk menggali lebih jauh mengenai strategi positioning PT. Radio Prambors dan sejauh manakah keberhasilannya dalam memposisikan citranya di benak konsumen. Diharapkan penelitian kali ini dapat menjawab masalah, yaitu dengan mengambil topik : analisis positioning Radio Prambors berdasarkan persepsi pendengar radio anak muda di Jakarta. Data diperoleh dari referensi, data primer dari PT. Radio Prambors dan pendengar radio di Jakarta. Data dari pendengar diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada pendengar radio anak muda di Jakarta yang ditemui di lokasi-lokasi sosialisasi anak muda sektar Jabotabek. Data dari responden yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan bantuan perangkat lunak SPSS di komputer selanjutnya dipadukan dengan data sekunder lainnya dan dianalisis secara kualitatif sehingga diperoleh hasil mengenai strategi positioning berdasarkan persepsi pendengar radio. .Bibliograpy dan tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
4976PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Depatemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2004
Edisi-
SubjekPositioning
Radios
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisik90 p. : diagrs ; 30 cm & lamp
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?