Text
Analisa elemen-elemen strategi promosi yang mempengaruhi awareness pengunjung acara
Dewasa ini, acara-acara pentas musik dapat menarik banyak konsumen potansial dalam satu tempat dan waktu yang bersamaan. Kegiatan seperti ini merupakan wadah yang potensial bagi perusahaan untuk melakukan sponsorship. Dimana pengunjung yang datang diharapkan melihat dan sadar akan keberadaan merek produk yang menjadi sponsor dalam acara tersebut, baik dalam lingkup saat acara berlangsung maupun keberadaan produk setelah acara selesai. Jazz Goes To Campus (JGTC) dipilih untuk studi kasus karena event tersebut merupakan salah satu apresiasi mahasiswa terhadap seni terbesar di Indonesia dan sudah memiliki nilai historis yang tinggi serta mampu menarik banyak pengunjung. Data kuantitatif diperoleh dari penyebaran kuesioner dan diolah menggunakan analisa deskriptif. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa profil pengunjung JGTC ke-26 adalah wanita berusia 18-20 tahun, memiliki latar belakang pendidikan S1 dari Non-Universitas Indonesia dengan lokasi kampus di Depok dan bertempat tinggal di Jakarta Selatan. Pengeluaran rutin perbulan adalah Rp.400.000,00-Rp.799.999,00 dan pengeluaran perbulan untuk hiburan adalah Rp.50.000,00-Rp.199.999,00. Umumnya pengunjung baru 1-2 kali datang ke JGTC dengan alasan karena diajak teman/keluarga, mereka datang pada pukul 13.00-15.00. Elemen strategi yang paling banyak diharapkan dan memiliki penilaian positif terbesar bagi pengunjung adalah sampling dan dilakukan di lokasi yang strategis. Selain itu, elemen strategi promosi lainnya yang dapat menimbulkan awareness bagi pengunjung adalah sponsor yang menempatkan logonya pada media cetak publikasi dengan ukuran logo yang besar dan memiliki letak yang strategis, kemudian memiliki stand yang dekorasinya atraktif, memasang spanduk dan umbul-umbul dalam jumlah yang banyak, memutar iklan sponsor di video wall dengan durasi yang lama dan waktu putar yang lebih banyak, serta sponsor yang memberikan doorprize dengan variasi hadiah yang beragam. Saran utama penulis untuk para sponsor adalah apabila ingin mensponsori suatu acara musik sebaiknya kegiatan promosi lebih difokuskan saat acara berlangsung dan pilihlah kontraprestasi yang lebih baik dibandingkan sponsor lain. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
4987 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Depatemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2004 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Promotion Music |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xvii, 151 p. : ill ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |