Text
Dewasa ini tingkat persaingan dibeberapa industri cenderung semakin meningkat. Bertambahnya merek-merek baru memaksa merek lama untuk memperbaiki diri. Semua usaha perusahaan ditujukan untuk mempertahankan dan menarik pelanggan baru. Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang sebagai hasil dari perbandingan antara persepsinya akan kinerja aktual sebuah produk dengan ekspektasi atau harapannya Pelanggan akan puas jika kinerja suatu produk sama dengan atau melebihi harapannya. Sedangkan jika kinerja produk tersebut tidak dapat memenuhi harapannya, maka pelanggan akan kecewa atau tidak puas. Metode pengukuran yang digunakan mengacu pada konsep servqual, dimana kepuasan didapat dengan mengukur gap antara ekspektasi dengan kinerja aktual produk dikalikan bobot masing-masing atribut. Sedangkan loyalitas merek adalah pembelian ulang yang didasari sikap positif terhadap merek. Konsep ini didasarkan pada pendekatan kognitif. Loyalitas ini dibagi dalam lima kategori yaitu switcher (konsumen yang sama sekali tidak loyal), habitual buyer (membeli hanya karena sudah terbiasa), satisfied with switching cost, dan commited buyer (konsumen yang memiliki komitmen tinggi terhadap merek). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Merek yang diteliti adalah obat sakit maag Promag. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Universitas Indonesia, Trisakti, dan Universitas Negeri Jakarta, dengan sampel sebanyak 103 responden. Teknik pengambilan sampel dengan convenience sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis frekuensi, tabulasi silang dan korelasi. Hasil penelitian menunjukan nilai kepuasan yang cukup baik sebesar -0,3123, dimana bila diambil top two boxes terdapat 76% responden yang merasa sangat puas terhadap kinerja Promag. Ada tiga atribut yang dianggap penting dalam pertimbangan konsumen dalam memilih merek obat sakit maag, yaitu kemampuan mengobati nyeri lambung, kemampuan mengobati rasa mual, dan kemampuan mengobati perut kembung. Dari 10 atribut yang diteliti, hanya tiga atribut yang menurut konsumen sudah memenuhi harapan mereka, yaitu atribut kepraktisan meminum obat, kemasan, dan iklan, sedangkan ketujuh atribut sisanya dipersepsi belum bisa memenuhi harapan mereka. Dari sisi loyalitas, kebanyakan konsumen Promag masih berada pada tingkat satisfied with switching cost, menyukai merek, dan membeli hanya karena sudah terbiasa. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kepuasan konsumen dengan loyalitas merek Promag pada tingkat keyakinan 95% dengan nilai korelasi yang cukup kuat yaitu 0,765, artinya kepuasan konsumen memang berpengaruh terhadap loyalitas merek Promag. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5012 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Depatemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2004 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer satisfaction |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | vii, 90 p. : diagr. ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |